Berlakukan Sistem SKS Bisa Lulus Lebih Cepat, Begini Penjelasannya

Di Jawa Barat yang sudah melaksanakan sistem SKS tahun pelajaran 2018-2019 adalah SMAN 10 Bandung, SMAN 2 Cirebon.

Ketua MKKS SMA Kabupaten Purwakarta, Asep Sundu Mulyana. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Perkembangan pendidikan pada abad ke-21 ini sangatlah cepat. Era disrupsi yang merambah ke dunia pendidikan membuat kebutuhan akan pelayanan belajar menjadi tidak sama dan merata lagi seperti zaman dahulu.

Pelayanan siswa yang sangat bervariasi di dalam kelas harus mampu diakomodasi oleh guru. Pelayanan yang maksimum ini tentu saja akan dapat memaksimalkan potensi siswa untuk belajar dan juga dapat melayani siswa sesuai dengan potensi dan kecepatannya dalam belajar

Baca Juga:

Uji Kesiapan UNBK, SMAN 1 Purwakarta gelar Simulasi

Siswi SMAN 1 Purwakarta Juarai Lomba Poster KB



"Saat ini ada dua buah regulasi sistem pembelajaran di SMA, yaitu sistem paket yang selama ini dilaksanakan oleh hampir seluruh SMA dan ada sistem Sistem Kredit Semester (SKS). Belajar dengan sistem paket, seluruh siswa mengikuti pembelajaran mata pelajaran yang telah ditentukan oleh sekolah pada tiap-tiap semester," Kata Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Purwakarta, Asep Sundu Mulyana, Saat di SMAN 1 Cibatu, Jumat (4/10/2019).

Ia menambahkan, sedangkan untuk sistem SKS ini siswa memilih mata pelajaran yang ada di semester tertentu dengan satuan SKS yang telah ditentukan.

"Sistem SKS merupakan belajar ala perguruan tinggi yang mempunyai beberapa kelebihan dibanding dengan sistem paket yang sudah ada sejak dulu. Di antaranya siswa dapat lebih cepat dalam menempuh pembelajaran," ungkap pria yang akrab disapa Sundu.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4 5
Tags : Pengembangan Pendidikan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah Sistem Kredit Semester SMAN 1 Purwakarta Purwakarta Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Ratusan Kursi SMA Negeri di Purwakarta Masih Kosong

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi