Ridwan Kamil: Batik adalah Warisan Budaya Dunia

JABARNEWS | BANDUNG – Setiap tanggal 2 Oktober, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Hal itu karena batik telah mendapat pengakuan dunia sebagai warisan budaya dunia.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan baju batik adalah warisan budaya yang menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia dan sudah diakui secara internasional.

Baca Juga:  Varian Baru Covid-19 Lebih Cepat Menular, Apakah Lebih Mematikan?

“Batik adalah salah satu kebanggaan kita di dunia internasional,” kata Emil saat jumpa wartawan di Gedung Sate, Rabu (2/10/2019).

Menurutnya, baju batik harus dikembangkan karena selain sebagai icon juga dapat menarik wisatawan yang harus dilestarikan. Selain itu, batik juga bisa dijadikan sumber pendapatan.

Baca Juga:  Truk Tronton Mogok, Perjalanan KA Terhambat

“Jenis batik itu banyak. Ini batik yang saya desain sendiri yaitu Garuda Kujang Kencana. Ada juga batik Iron Man yang banyak dijual melalui online. Batik harus dilestarikan tidak hanya memakainya tapi bagi mereka yang bisa mendesain mencipta seperti saya,” lanjutnya.

Baca Juga:  Korban Meninggal Akibat Virus Corona Bertambah Jadi 41

Emil menilai, dalam membuat batik dibutuhkan imajinasi sesuai dengan budaya yang akan menjadi ciri khas dari setiap daerah.

“Ada batas dari imajinasi batik, ada pada imajinasi kita berimajinasi dalam urusan itu lebih mencirikan pada keunikan budaya,” pungkasnya. (Rnu)