Prof Rina Indiastuti Jadi Rektor Terpilih Unpad Periode 2019-2024

JABARNEWS | BANDUNG – Seleksi calon rektor Universitas Padjadjaran (Unpad) telah selesai di tahap akhir. Prof Rina Indiastuti resmi terpilih menjadi rektor Unpad Periode 2019-2024 dan rektor perempuan pertama di kampus tersebut.

Prof Rina Indiastuti merupakan perempuan pertama yang berhasil menjabat Rektor Unpad oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad, Rudiantara di Graha Sanusi Hardjadinata Kampus Unpad Jalan Diponegoro Kota Bandung. Pelantikan tersebut dihadiri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil serta Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir. Senin (7/10/2019).

Baca Juga:  BPJAMSOSTEK Puji Komitmen Pemkab Purwakarta Lindungi Pekerja Informal

Dalam sambutan, Ketua MWA Unpad Rudiantara mengucapkan terima kasih kepada semua pihak karena setelah melalui proses yang panjang dan melelahkan hari ini pihaknya bisa melakukan pelantikan rektor Unpad yang baru.

“Alasan diulang (proses pemilihan rektor Unpad) satu-satunya hanya masalah (good) governance bagaimama prosesnya agar lebih transparan, adil, akuntabel bagi semua stakeholder maupun ekosistem Unpad,” katanya.

Rudiantara mengatakan pada proses terakhir Rektor Unpad ada sembilan calon rektor yang disaring oleh senat akademik hingga akhirnya menghasilkan enam calon.

Baca Juga:  Satgas: Hotel Bintang 2 dan 3 Jadi Tempat Isolasi Covid-19

“Banyak yang menghubungi saya kenapa si ini enggak masuk, kenapa si itu enggak masuk. Sebelum jadi PTNBH proses (pemilihan rektor) seluruhnya oleh senat akademik,” katanya.

Menurut dia dari enam kandidat calon rektor mereka tidak berkompetesi, tidak saling menjegal satu sama lain namun bisa saling melengkapi.

“Dan yang dipilih adalah yang cocok bawa Unpad lima taun ke depan. Pemilihan kemarin buat aklamasi. Aklamasinya kita mufakat, kita mufakat dulu baru bermusyawarah mufakat,” katanya.

Baca Juga:  Pemerintah Siapkan Anggaran untuk Gaji PPPK Tahun 2023, Berapa Jumlahnya?

Perlu diketahui, berdasarkan Keputusan Majelis Wali Amanat Unpad Nomor 13/UN6.MWA/KEP/2019 tanggal 20 September 2019, penjaringan Calon Rektor Unpad tersebut adalah:

1. Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, dr., Sp.M(K)., M.Kes., Ph.D.

2. Dr. Arry Bainus, M.A.

3. Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc.

4. Dr. Keri Lestari, Apt., M.Si.

5. Prof. Dr. Rina Indiastuti, S.E., MSIE.

6. Prof. Dr. Unang Supratman, M.Si. (Red)