bjb

Lahan Gambut di Kawasan Wisata Kawah Putih Terbakar

Hingga Malam hari kebakaran melanda Kawasan Kawah Putih. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | BANDUNG - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menghanguskan lahan di Kawasan objek wisata Kawah Putih, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dilaporkan terbakar pada Senin (7/10/2019) sejak sore. Dalam insiden ini hutan dan lahan kawasan wisata hangus terbakar.

Kasi Pemadaman dan Investigasi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kabupaten Bandung, M. Saepuloh, di Bandung, Senin, mengatakan peristiwa tersebut terjadi sejak sekitar pukul 14.30 WIB.

"Kebakarannya terjadi sejak tadi sore," kata dia dilansir detik.com.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran serta luas lahan yang terbakar. Pihaknya masih fokus melakukan pemadaman untuk kemudian baru bisa melakukan pendataan lebih lanjut.

"Petugas kami masih melakukan pemadaman di TKP. Belum dilakukan investigasi dan pendataan," kata dia.

Baca Juga:

Kebakaran Melanda Pasar Kosambi

Pelajar SMK di Purwakarta Laksanakan Simulasi Antisipasi Bencana

Dalam melakukan pemadaman di kawasan tersebut, dia mengaku cukup kesulitan karena terkendala sinyal alat komunikasi yang kurang baik sehingga koordinasi menjadi terhambat.

"Kita juga terkendala dengan sinyal komunikasi yang kurang baik karena TKP termasuk kawasan 'blank spot' (wilayah rendah sinyal, red.)," kata dia.

Sebelumnya, karhutla juga terjadi di beberapa titik pegunungan Kabupaten Bandung. Hingga kini, berdasarkan data yang dihimpun Pusat Pengendalian Operasi BPBD Jawa Barat, sekitar 226 hektare lahan terbakar.

Sumber api muncul di Kawasan Kawah Sunan Ibu, yang lokasinya berada di area kawah putih dengan jarak sekitar 700 meter dari lokasi Kawah Putih. (Red)


Tags : Kebakaran Karhutlah Pemadam Kebakaran Kebakaran Kawah Putih Gunung Terbakar Damkar Purwakarta Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Pemkab Tasikmalaya Tindaklanjuti Perubahan Damkar jadi Dinas

Kepulan Asap Terlihat di Gedung Mall Festival Citylink Bandung

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi