Lahan Gambut di Kawasan Wisata Kawah Putih Terbakar

JABARNEWS | BANDUNG – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) menghanguskan lahan di Kawasan objek wisata Kawah Putih, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dilaporkan terbakar pada Senin (7/10/2019) sejak sore. Dalam insiden ini hutan dan lahan kawasan wisata hangus terbakar.

Kasi Pemadaman dan Investigasi Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kabupaten Bandung, M. Saepuloh, di Bandung, Senin, mengatakan peristiwa tersebut terjadi sejak sekitar pukul 14.30 WIB.

Baca Juga:  Kecil-Kecil Naik Motor

“Kebakarannya terjadi sejak tadi sore,” kata dia dilansir detik.com.

Namun, pihaknya belum bisa memastikan penyebab kebakaran serta luas lahan yang terbakar. Pihaknya masih fokus melakukan pemadaman untuk kemudian baru bisa melakukan pendataan lebih lanjut.

“Petugas kami masih melakukan pemadaman di TKP. Belum dilakukan investigasi dan pendataan,” kata dia.

Baca Juga:  Mendes PDTT Ajak Pendamping Desa Peduli Bencana

Dalam melakukan pemadaman di kawasan tersebut, dia mengaku cukup kesulitan karena terkendala sinyal alat komunikasi yang kurang baik sehingga koordinasi menjadi terhambat.

“Kita juga terkendala dengan sinyal komunikasi yang kurang baik karena TKP termasuk kawasan ‘blank spot’ (wilayah rendah sinyal, red.),” kata dia.

Baca Juga:  Tingkatkan Kewaspadaan, RSUD Al Ihsan Buka Posko Coronavirus

Sebelumnya, karhutla juga terjadi di beberapa titik pegunungan Kabupaten Bandung. Hingga kini, berdasarkan data yang dihimpun Pusat Pengendalian Operasi BPBD Jawa Barat, sekitar 226 hektare lahan terbakar.

Sumber api muncul di Kawasan Kawah Sunan Ibu, yang lokasinya berada di area kawah putih dengan jarak sekitar 700 meter dari lokasi Kawah Putih. (Red)