bjb

Angka Kematian Ibu Hamil di Jabar Menurun

Kepala Dinas Kesehatam Kabupaten Ciamis Drg. Engkan Iskandar. (Foto: Tony/JabarNews)

JABARNEWS | CIAMIS - Angka kematian ibu hamil dan bayi yang baru lahir di Provinsi Jawa Barat saat ini sudah mengalami penurunan, sehingga Jawa Barat mendapat apresiasi dari Menteri Kesehatan dalam upaya penurunan jumlah kematian Ibu Hamil dan Bayi yang baru lahir.

"Ibu hamil dan bayi yang baru lahir itu perlu mendapat perhatian dari semua komponen masyarakat," ucap Dedeh Hadiyati,.SKM,.M.Kes selaku Analis Kesehatan Seksi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Provinsi Jabar, usai kegiatan Pertemuan Sinergitas Pemberdayaan Masyarakat dan Identifikasi, Mapping Ormas/LSM dan Media di Kabupaten Ciamis, di Aula STIKes Ciamis, Selasa (8/10/2019).

Menurutnya, resiko kematian ibu hamil terjadi akibat berbagai faktor, seperti terlambatnya mengambil keputusan, terlambatnya rujukan dan terlambatnya penanganan saat akan melahirkan.

"Ibu hamil yang ada di Kabupaten Ciamis harus dibuat nyaman, sehingga tidak ada hal yang menyangkut keterlambatan dalam melakukan penanganan," tegasnya.

Dedeh juga mengungkapkan, dalam masa proses Kehamilan, Pemerintah sudah memberikan secara gratis suplemen tablet penambah darah.

"Tablet tambah darah mempunyai kandungan untuk kecerdasan otak anak dan mencegah stunting," kata Dedeh.

Dengan demikian, kami mengharapkan seluruh komponen masyarakat harus ikut berperan serta dalam masalah itu.

Sementara Kadinkes Kabupaten Ciamis, Dr. Engkan Iskandar mengharapkan melalui koordinasi pemberdayaan masyarakat ini, semua masyarakat bisa mengetahui berbagai masalah kesehatan dan mendapatkan jalan keluarnya.

"Permasalahan kesehatan harus melibatkan lintas sektor, sehingga masyarakat bisa lebih paham dalam masalah tantangan kesehatan," katanya.

Sebagai penutup Dr. Engkan menambahkan dengan adanya pelibatan lintas sektor tersebut, diharapkan masyarakat mampu untuk mengantisipasi upaya kesehatan yang preventif tanpa menunggu sakit. (CR1)


Tags : Kematian Ibu Hamil Kematian Bayi Dinas Kesehatan Ciamis Dinas Kesehatan Jawa Barat Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Ciamis
properti

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi