Adanya Surat Penyetaraan Pangkat TNI dengan PNS adalah Hoax

JABARNEWS | BANDUNG – Kembali beredar informasi hoax (tidak benar) di media sosial. Informasi hoax tersebut berisi surat lampiran menteri PANRB tentang penyetaraan pangkat prajurit.

Dalam postingan akun instagram @bidhumaspoldajabar jelas menyebutkan bahwa informasi tentang penyetaraan pangkat prajurit adalah hoax.

“Telah beredar informasi bohong/ HOAX di media sosial yang berisi surat lampiran menteri PANRB tentang, ‘Susunan Penyetaraan Pangkat Pangkat Prajurit Tentara Nasional Indonesia dengan Pangkat Pegawai Negeri Sipil dengan nomor: B/144/ M.SM.02.03/2019 Tanggal 18 Juli 2019’,” jelas keterangan dalam postingan @bidhumaspoldajabar, Selasa (8/10/2019).

Baca Juga:  Sentra Vaksinasi Covid-19 di Pendopo Garut Digelar Hingga Akhir Tahun

Selain itu, dalam postingan tersebut, juga menyertakan informasi yang benar tentang susunan penyerataan prajurit TNI dengan pangkat Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Baca Juga:  Indonesia Pemuncak Klasemen Grup A Piala AFF U-16 2018

“Susunan Penyetaraan Prajurit TNI dengan Pangkat Pegawai Negeri Sipil yang benar dapat di slide pada Media Sosial Divisi Humas Polri. Ini sesuai dengan ‘Surat Menteri PANRB Nomor: B/ 313 /M.SM.02.03/2019 tanggal 7 Oktober 2019,” lanjut keterangan tersebut.

Baca Juga:  Inginnya Hutan Kota Bekasi Disulap Jadi Begini

Perlu diketahui, penyebar berita hoax dapat dipidana sesuai dengan UU ITE Nomor 19 Tahun 2016 dan UU Nomor 1 Tahun 1946 dengan ancaman hukuman sampai dengan 10 tahun penjara. (Rnu)