Polda Jabar Lakukan Penyelidikan Karhutla di Ciwidey

JABARNEWS | BANDUNG – Polisi sedang melakukan penyelidikan penyebab kebakaran hutan di kawasan Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andhiko mengatakan saat ini sedang melakukan penyelidikan tentang kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Menurutnya ada dua kemungkinan penyebab karhutla yakni faktor manusia dan alam.

“Polisi masih melakukan penyelidikan, faktornya bisa dua hal, manusia dan alam. Penyelidikannya dari Polres dan dibantu Polda,” kata Truno saat ditemui di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-hatta, Kota Bandung, Selasa (8/10/2019).

Baca Juga:  Beredar Surat Edaran Penerima Bantuan Pesantren, Kemenag: Itu Palsu

Ia menyebutkan, pihaknya telah menerjunkan 125 personil untuk membantu pemadaman kebakaran hutan di Kawah Putih.

“Menugaskan 125 personel Polri dalam penanganan karhutla tersebut, total 285 personel gabungan antara TNI-Polri, BPBD Jawa Barat dan pencinta alam,” ujarnya.

Baca Juga:  BMKG Ingatkan Hujan Lebat Berpotensi Hari Ini, Termasuk di Jabar

Selain itu, lanjut Truno pihaknya juga menerjunkan ratusan personel, Polda Jabar juga melalui Polres Bandung telah mendirikan beberapa posko pemantau titik api.

Hal tersebut dilakukan guna memantau titik api dan melakukan pemadaman secara manual. Ia menambahkan, polisi juga turut membantu petugas pemadam kebakaran dalam mencapai titik api di kawasan Kawah Putih, Ciwidey.

Baca Juga:  Pemindahan Ibu Kota Negara Baru, Ini Tanggapan Bupati Majalengka

“Kami Membuka posko penanganan karhutla di kawah putih. Membuat 10 pos pantau titik api, setiap pos 11 personel gabungan utk memantau api dan melakukan pemadaman manual,” tandasnya.

Perlu diketahui, saat kini kawasan wisata Kawah Putih, Ciwidey ditutup untuk sementara waktu. Penutupan itu dilakukan demi keselamatan pengunjung. (Rnu)