Kondisi Terkini Karhutla di Kawasan Kawah Putih Ciwidey

JABARNEWS | BANDUNG – Sekitar 80 persen dari dari 15 hektar total luas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kawasan Kawah Putih di Kecamatan Rancabali Ciwidey sudah berhasil dipadamkan.

Berdasarkan informasi yang didapat jabarnews.com dari Polda Jawa Barat, saat ini lokasi kebakaran saat ini tinggal sisa asap sekitar 20%, dan telah dibuatkan jalur ilaran dan sekat bakar.

Baca Juga:  HUT Pomal Ke-73, Danlanal Cirebon Tegaskan TNI Militer Angkatan Laut Netral

Luas yang terbakar kurang lebih 15 hektar diperkirakan akan bertambah 5 hektar dikarenakan serasah yang tebal, lokasi yg curam dan berbatu, sulit dijangkau dan berbahaya.

Penanganan pemadaman dibagi menjadi 3 titik Pos: Pos Sunan Ibu, Pos Cipanganten, Pos Sunan Rama untuk mempermudah pengamatan penyebaran api. Penanganan dibagi menjadi tiga titik untuk mempermudah pengamatan penyebaran api.

Baca Juga:  Perangkat Desa di Bandung Barat Sambut Ramadhan dengan Gigit Jari

Personel yang diturunkan untuk memadamkan kebakaran ada ada 309 orang terdiri dari TNI, POLRI, Perhutani, BKSDA, MDH, Pokmas, BPBD, Damkar, KSB Ds. Panundaan, Kec Rancabali, POL PP, LMDH dan alat yang digunakan mesin rumput, gergaji mesin, Cangkul, Parang, Arit, Ranting.

Perlu diketahui, hingga saat ini sedang dilakukan pemadaman dan pendinginan oleh Tim Damkar, menggunakan selang 350 meter untuk cuaca di Kawah Putih diguyur hujan.

Baca Juga:  Dinkes Cirebon Bakal Berikan Vaksin Untuk Tiga Ribu Pengemudi Ojol

Berdasarkan data BPBD Jawa Barat, kebakaran di kawasan Kawah Putih terjadi sejak Senin (7/10/2019) sekitar pukul 14.00 WIB dengan titik awal api diduga berada di kawasan Sunan Ibu. (RNU)