Enam Rumah dan Satu Sekolah Rusak Akibat Dihujani Batu Raksasa

JABARNEWS | PURWAKARTA – Sebanyak enam rumah warga dan satu bangunan sekolah di Kampung Cihandeuleum, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, hancur setelah dihujani batu besar dari atas Gunung Cihandeuleum.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Purwakarta, H.Aming saat meninjau lokasi kejadian, pada Rabu (9/10/2019)

“Dari hasil musyawarah, warga menuntut rumah yang rusak secepatnya di perbaiki kembali dan pemulihan fisiologisnya,” kata H.Aming.

Baca Juga:  Dipastikan Gugur dari Piala Menpora, Pelatih Persikabo Berikan Respon

Diketahui, batu yang jatuh menggelinding dari ketinggian hingga 500 meter juga menghancurkan pepohonan dan jalan yang biasa digunakan warga. Lintasan jatuhnya batu seberat kurang lebih 300 ton itu menimbulkan cekungan sedalam beberapa cm.

Baca Juga:  Bupati Subang Khawatirkan Kehadiran Bank Emok

“Alhamdulillah tidak ada warga yang menjadi korban jiwa maupun luka-luka karena warga tengah beraktivitas di luar ruangan pada saat kejadian,” kata Aming.

Sementara menurut warga setempat, Dodi (37), rumah yang terdampak rata-rata merupakan rumah permanen yang sudah lama ditempati warga.

“Kejadian tersebut baru pertama kali terjadi meskipun aktivitas pertambangan di wilayahnya sudah berlangsung lama,” ungkapnya.

Baca Juga:  Cuaca Pagi Ini Jabodetabek Cerah Berawan, Hujan Mulai Siang Potensi Terjadi

Setelah kejadian ini, tambah dia, banyak warganya yang mengaku trauma.

“Untuk menghindari kejadian susulan, sekitar 20 kepala keluarga di evakuasi sementara ke tempat yang lebih aman. Sampai ada kejelasan dari perusahaan,” katanya. (Gin)