bjb

Enam Rumah dan Satu Sekolah Rusak Akibat Dihujani Batu Raksasa

Wakil Bupati Purwakarta, H.aming bersama anggota DPRD Kabupaten Purwakarta meninjau lokasi yang dihujani batu berukuran raksasa. (Foto: Gin/Jabarnews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Sebanyak enam rumah warga dan satu bangunan sekolah di Kampung Cihandeuleum, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, hancur setelah dihujani batu besar dari atas Gunung Cihandeuleum.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Purwakarta, H.Aming saat meninjau lokasi kejadian, pada Rabu (9/10/2019)

"Dari hasil musyawarah, warga menuntut rumah yang rusak secepatnya di perbaiki kembali dan pemulihan fisiologisnya," kata H.Aming.

Diketahui, batu yang jatuh menggelinding dari ketinggian hingga 500 meter juga menghancurkan pepohonan dan jalan yang biasa digunakan warga. Lintasan jatuhnya batu seberat kurang lebih 300 ton itu menimbulkan cekungan sedalam beberapa cm.

"Alhamdulillah tidak ada warga yang menjadi korban jiwa maupun luka-luka karena warga tengah beraktivitas di luar ruangan pada saat kejadian," kata Aming.

Baca Juga:

Ini Respon Dedi Mulyadi Soal Kasus Blasting PT MSS

Emil Minta Polda Jabar Selidiki Kasus Blasting PT MSS

Sementara menurut warga setempat, Dodi (37), rumah yang terdampak rata-rata merupakan rumah permanen yang sudah lama ditempati warga.

"Kejadian tersebut baru pertama kali terjadi meskipun aktivitas pertambangan di wilayahnya sudah berlangsung lama," ungkapnya.

Setelah kejadian ini, tambah dia, banyak warganya yang mengaku trauma.

"Untuk menghindari kejadian susulan, sekitar 20 kepala keluarga di evakuasi sementara ke tempat yang lebih aman. Sampai ada kejelasan dari perusahaan," katanya. (Gin)


Tags : Dihujani Batu Galian C Perusahaan Tambang Kampung Cihandeuleum Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Purwakarta
properti

berita terkait

GPII Jabar Desak Gubernur Cabut Izin PT MSS di Purwakarta

Komisi 1 DPRD Purwakarta Datangi Kampung yang Dihujani Batu

Bupati Purwakarta: Jika Terbukti Lalai Izin PT MSS Diminta Dicabut

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi