Komisi 1 DPRD Purwakarta Datangi Kampung yang Dihujani Batu

JABARNEWS | PURWAKARTA – Komisi I DPRD Kabupaten Purwakarta gelar inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi kerusakan rumah dan sekolah yang rusak di Kampung Cihandeuleum Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta akibat dihujani batu dari aktivitas pertambangan PT Mandiri Sejahtera Sentra (MSS).

Wakil Ketua Komisi I DPRD Purwakarta Ceceng Abdul Qodir mengatakan, PT MSS dipandang telah lalai sampai mengakibatkan kerugian materil di pihak warga.

Baca Juga:  Warga Binaan Lapas Purwakarta Dianiaya Polisi, Benarkah?

“Sudah seharusnya PT MSS harus membayar ganti rugi rumah warga yang rusak. Selain rumah warga ada dampak psikis terhadap warga atas kejadian itu. Syukur tidak ada korban jiwa. Tapi ini sangat berbahaya,” kata Ceceng, saat ditemui di lokasi kejadian, Rabu (9/10/2019)

Baca Juga:  Ajukan Sengketa Jika Hak Informasi Publik Dihalangi, Ini Prosesnya Sesuai UU KIP

Harusnya, tambah dia, perusahan jika hendak melakukan pemblastingan (peledakan) diteliti dulu dampaknya. Hal itu agar tidak merugikan warga.

Selain itu ujar Ceceng, warga di lokasi sudah tiap hari dirugikan. Mulai kebisingan dan jalan rusak yang sampai saat ini belum diperbaiki.

Baca Juga:  KPK Dalami Aliran Dana Meikarta, Kemungkinan Ke Pilkada Jabar

Melalui sidak, lanjut Ceceng, Komisi I DPRD Purwakarta mendesak PT MSS untuk menyelesaikan kewajibannya terhadap warga.

“Jangan sampai peristiwa semacam ini terulang kembali, yang tentu bisa mengakibatkan korban jiwa,” tegasnya. (Gin)