Cara Rawat Mobil Ini Diperlukaan Saat Masuk Musim Hujan

JABARNEWS | BANDUNG – Dampak cuaca yang tidak bersahabat di musim hujan memang membutuhkan perhatian ekstra tentang perawatan sebuah mobil. Cuaca yang tak bersahabat, belum lagi kalau terkena banjir di musim hujan, akan tetapai meskipun begitu kendaraan mobil harus tetap terjaga dan berfungsi optimal.

Nah, agar mobilmu bisa tetap berfungsi optimal di musim hujan, yuk simak perawatan kendaraan berikut ini!

Ganti oli dan periksa keadaan mesin

Cairan aki baterai bukan satu-satunya yang terpengaruh oleh cuaca dingin. Oli mobil juga mengalami perubahan akibat temperatur rendah. Di musim hujan, cairan oli menjadi lebih kental. Hal ini dapat mempengaruhi performa oli dan bahkan menciptakan kerusakan pada mesin.

Baca Juga:  Inilah Kontes Aneh Dan Nyeleneh Yang Pernah Dilakukan Di Dunia

Periksa ban mobil

Ban mobil adalah satu komponen yang paling penting dalam proses perawatan kendaraan di musim hujan. Pasalnya, kamu butuh performa ban yang optimal untuk memastikan keselamatan di jalan. Apalagi sekarang mobilmu pasti akan sering berhadapan dengan jalan yang tergenang air.

Pastikan tekanan udara di ban sudah sesuai dan tidak terlalu tinggi, karena tekanan yang terlalu tinggi akan mengurangi permukaan ban yang menyentuh jalan dan berdampak pada kendali mobil.

Baca Juga:  Gerindra Terbanyak Daftarkan Caleg Eks Koruptor

Selain itu, pastikan pola tapak pada ban masih terlihat dan tidak aus. Soalnya, pola tapak berfungsi untuk meningkatkan daya cengkeram di jalan yang basah.

Pastikan aki baterai

Musim hujan memang membuat cuaca jadi dingin dan bisa bikin kamu malas gerak. Sayangnya, bukan cuma kamu saja yang jadi malas ketika cuacanya dingin. Aki baterai mobil juga mengalami penurunan performa dan tidak sekuat biasanya dalam temperatur rendah. Oleh karena itu, kamu juga harus melakukan perawatan kendaraan di bidang aki.

Kamu bisa memeriksa tingkat cairan aki dan menyesuaikannya ke tingkat yang direkomendasikan pabrik secara manual. Tapi, kalau kamu lagi tidak punya waktu, kamu juga bisa kok membawa mobil kesayanganmu ke bengkel untuk perawatan penuh !

Baca Juga:  Pandemi Covid-19 Tak Kunjung Usai, DPRD Jabar: Mari Kita Gunakan Akal Sehat

Oleh karena itu, pastikan oli mobilmu masih bagus dan mampu melumasi mesin secara penuh. Bila warna oli mobil atau konsistensinya sudah berubah, segera ganti dengan oli baru!

Nah, itu beberap acara perawatan kendaraan yang perlu kamu perhatikan di musim hujan. Untuk memudahkan dirimu dalam mempersiapkan mobil di musim hujan dan menjaga tetap terawat mobil kkesayangannya. (Red)