bjb

iBekasikab Resmi Diluncurkan Demi Tingkatkan Minat Baca

Fitur yang ada dalam aplikasi IBekasikab. (Foto: Red)

JABARNEWS | BEKASI - Pendidikan pada abad ke-21 tidak dapat dipisahkan dengan kemajuan teknologi. Untuk itu, dunia pendidikan sedang berevolusi menuju era digital. Sekolah tidak hanya menggunakan buku pelajaran yang cetak, tetapi kini juga menggunakan buku pelajaran digital (e-book) sebagai pendamping.

Kehadiran buku pelajaran digital memungkinkan anak belajar di mana pun dan kapan pun serta mendapatkan informasi dari berbagai sumber di internet sebagai bentuk implementasi pembelajaran era digital.

Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat meluncurkan aplikasi buku pelajaran dan bacaan berbasis digital bernama iBekasikab untuk meningkatkan minat membaca pelajar, mahasiswa, serta masyarakat pada umumnya.

"Jadi aplikasi iBekasikab ini sejenis perpustakaan digital, sudah bisa diunduh di Playstore," kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bekasi, Dedy Supriyadi saat peluncuran iBekasikab di Hotel Holiday Inn, Cikarang Utara, Rabu (9/10/2019).

Dedy mengatakan aplikasi iBekasikab ini memudahkan para pembaca untuk membaca buku bacaan tanpa harus datang ke perpustakaan konvensional.

"Kami berharap aplikasi ini dapat dimanfaatkan para pembaca secara maksimal jadi minat pembaca meningkat dan tentunya wawasannya juga bertambah," katanya.

Terpisah, Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja menyambut baik salah satu inovasi yang dilakukan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah.
Baca Juga:

Kementan Salurkan Kaki Palsu Kepada 23 Difabel Jabodetabek

Tingkatkan Literasi Di Jabar, Perpusnas RI Gelar Stakeholder Meeting


"Aplikasi ini guna memenuhi dan memudahkan masyarakat untuk membaca buku-buku pilihan yang Best Seller serta buku-buku pelajaran," kata dia.

Eka mengaku di era modern dan serba internet ini pemenuhan akan kebutuhan literasi berbasis digital diperlukan khususnya bagi generasi milenial.

"Agar generasi milenial kita kelak memiliki ilmu dan bekal yang bermanfaat untuk masa depan dan juga bisa turut serta berkontribusi dalam pembangunan Bekasi Baru Bekasi Bersih," ungkapnya.

Dia berharap selain menyediakan buku-buku pelajaran dan bacaan, aplikasi iBekasikab juga dapat berfungsi sebagai ruang informasi penyampaian program-program serta profil Kabupaten Bekasi.

"Nantinya, iBekasikab juga terintegrasi dengan program Bebunge (Bekasi Nyambung Bae). Di dalam iBekasikab juga ada konten Bupati Menyapa," tandas Eka. (Ara)


Tags : Literasi Umum Perpustakaan Inklusi Sosial Perpustakaan Digital Pemkab Bekasi iBekasiKab Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini
properti

berita terkait

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Purwakarta Tutup Usia

MPR Maksimalkan Persiapan Sidang Tahunan 2019

Perpustakaan Rasa Cafe Milik Masyarakat Purwakarta

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi