Wagub Jabar: Pembangunan Jembatan Betmen Membutuhkan 200 Milyar

JABARNEWS | CIAMIS – Jembatan Cirahong antara penghubung Kabupaten Ciamis dengan Kabupaten Tasikmalaya kondisinya semakin kurang layak untuk dilalui sejumlah kendaraan. Dengan kondisi seperti itu, Pemkab Ciamis dan Pemkab Tasikmalaya harus bergerak cepat mewujudkan pembangunan Jalan Benteng Manonjaya (Betmen) mutlak harus dilaksanakan.

“Jembatan Cirahong sudah sesak, ngantri dan pernah ada yang celaka, jalannya pun terbuat dari kayu, dan ini sangat mengkhawatirkan,” ucap Wagub Jabar, Uu Rizanul Ulum di Islamic Center Ciamis, Rabu (9/10/19).

Baca Juga:  Pansus C DPRD Purwakarta Harapkan Keuangan Pemda WTP Tanpa Catatan

Uu juga meminta pembebasan lahan harus dari kedua pihak, wilayah Ciamis dibebaskan oleh Bupati, wilayah Tasik dibebaskan oleh Bupati Tasik, nantinya kita akan membangun jembatan.

Baca Juga:  Belanja ke Warung Seberang Rel, Nenek di Tasikmalaya Tewas Tertabrak Kereta Api

“Komunikator transportasi antara Kabupaten Ciamis dengan Tasikmalaya semakin padat dan meningkat, kalau cuma mengandalkan jembatan Cirahong, kayanya masyarakat mengalami kesulitan,” katanya.

Uu mengungkapkan, untuk pembangunan jembatan Betmen ini kemungkinan akan menyerap anggaran 200 Milyar lebih, karena panjang jembatan dan tinggi jembatannya juga lumayan luar biasa.

Baca Juga:  Ribuan Personel Dikerahkan Polres Karawang Sekat Masyarakat Unras

“Saya berharap kedua belah pihak Bupati ini mendorong kepada Pemerintah Pusat dan kami juga akan membantu mendorong agar cepat terlealisasi.

Uu mengungkapkan, Detail Engineering Design (DED) kedua Kabupaten ini sudah ada, maka dari itu saya meminta kepada dua Pemkab ini segera secepatnya membebaskan lahan,” pungkasnya. (CR1)