Pelajar di Purwakarta Diajarkan Jadi Konsumen Cerdas

JABARNEWS | PURWAKARTA – Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (Diskoperindag) Kabupaten Purwakarta menggelar sosialisasi perlindungan konsumen muda dan guru dalam rangka menciptakan konsumen cerdas di dunia pendidikan.

“Sosialiasi ini dalam rangka mendorong para pelajar untuk menjadi konsumen cerdas, sebagai upaya perlindungan terhadap konsumen,” kata Kepala Diskoperindag Kabupaten Purwakarta, Hj. Karliati Djuanda melalui Kabid Perdagangan, Wita Gusrianita, saat ditemui di SMPN 8 Purwakarta, Senin (7/10/2019)

Baca Juga:  Polresta Depok Bekuk Komplotan Pelaku Order Fiktif Go-Food

Wita menyebutkan, tahun ini sasaran sosialisasi menjadi konsumen cerdas adalah para pelajar. Sosialisasi dilaksanakan dua sekolah setiap harinya.

“Yang kami sasar SMP dan SMK yang ada di Purwakarta. Sosialisasi ini untuk meningkatkan kesadaran hak konsumen bagi konsumen muda, sehingga menumbuhkan konsumen cerdas sejak usia muda,” katanya.

Baca Juga:  Musim Hujan Bikin Harga Cabai Inul Naik Dua Kali Lipat di Garut

Dengan tersampaikannya edukasi ini, Wita berharap, pelajar bisa lebih selektif dalam membeli jajanan dan mengurangi tingkat pembelian jajanan yang tidak layak.

“Mendidik para pelajar menjadi konsumen cerdas Pasalnya sangat penting, karena keterbatasan kita (Diskoperindag) dalam mengawasi perdagangan, akan sangat efektif jika masyarakat sudah menjadi konsumen yang cerdas,” kata Wita.

Baca Juga:  Mayat Perempuan Berjaket Ojol Ditemukan di Sungai Cibogo Bandung

Ia menambahkan, menjadi konsumen cerdas juga mendorong tindak kecurangan yang dilakukan pengusaha sehingga sistem pengawasan, penindakan dalam kerugian konsumen dapat berjalan.

“Jika konsumen sudah cerdas, pengusaha pun didorong menjadi pengusaha cerdas tidak hanya mencari keuntungan sementara tapi bertanggungjawab dengan produk mereka,” pungkasnya. (Gin)