Program Pendampingan Desa Berlanjut di Tahun 2020

Regulasi tingkat pusat sudah tertib, tinggal ditindaklanjuti peran daerah, yakni memfasilitasi desa untuk perencanaan pembangunan 2020.

Direktur PMD, Ditjen PPMD, M. Fachri. (Foto: Ditjen PPMD)

JABARNEWS | PALU - Program pendampingan desa untuk Tahun Anggaran (TA) 2020 masih tetap berlanjut. Oleh karena itu, seluruh Tenaga Pendamping Profesional diharapkan tetap melaksanakan tugas pendampingan desa guna mendorong percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat yang lebih kreatif dan inovatif dalam penggunaan Dana Desa.

Hal tersebut dikatakan Direktur Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Ditjen PPMD, M. Fachri dalam penutupan Kegiatan Rapat Koordinasi PID ke-2 Tahun 2019 di Palu, yang berlangsung pada tanggal 6-9 Oktober 2019.

Baca Juga:

Dua Mantan Kades Di Majalengka Diduga Korupsi Alokasi Dana Desa

Sidang Kasus Korupsi Desa Salem Purwakarta, Bendahara Pingsan



M. Fachri kembali mengingatkan, Program Inovasi Desa (PID) hadir untuk meningkatkan kualitas, efektifitas dan efesiensi penggunaan Dana Desa dengan cara memberikan contoh-contoh praktek cerdas dan inovatif. Dari contoh-contoh yang telah dilaksanakan oleh desa tersebut, lanjutnya, maka desa-desa lainnya dapat mengadopsi dan mereplikasi dengan baik.

Menurut Direktur PMD ini, PID telah menghasilkan banyak menu kegiatan inovatif di desa yang dapat saling belajar dan mereplikasi satu sama lainnya dalam pengelolaan potensi sumber daya lokal untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat desa.

"Kita semua, para pendamping desa, Dinas PMD dan stakeholder terkait perlu mengawal komitmen dari hasil Bursa Inovasi Desa agar Pemerintah Desa mencantumkan komitmen atau memasukan komitmen tersebut dalam postur APBDes," jelasnya.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Pendampingan Desa Program Inovasi Desa Dana Desa Ditjen PPMD Kemendesa PDTT Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Kades Tegalpanjang Jadi Tersangka Dugaan Korupsi Dana Desa

DPMdes Dorong Desa Menjadi Mandiri

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi