Program Pendampingan Desa Berlanjut di Tahun 2020

Regulasi tingkat pusat sudah tertib, tinggal ditindaklanjuti peran daerah, yakni memfasilitasi desa untuk perencanaan pembangunan 2020.

Direktur PMD, Ditjen PPMD, M. Fachri. (Foto: Ditjen PPMD)

Selanjutnya, di Tahun 2020 terdapat alokasi kinerja untuk menjamin desa supaya tidak takut meningkatkan status desanya. Hal itu bermakna, jika melalui formula tersebut desa dapat mengurangi angka kemiskinannya, maka berkurang juga dana desa yang diterima, namun desa tersebut akan diberikan penghargaan.

"Jangan mengaku camat milenial kalau program masih copy paste dari tahun lalu. Mari berkomitmen tinggi untuk berinovasi demi pengembangan Sumber Daya Manusia. Program pengentasan stunting harus dicanangkan karena merupakan syarat penyaluran dana desa ke tiga," tegasnya.

Baca Juga:

Disambangi Anggota DPR RI, Kang Jimat Bahas Pembangunan di Kabupaten Subang

Jelang Piala Menpora 2021, Dispora Kota Bandung Fokus Rawat Rumput Stadion GBLA



Selain tema-tema tersebut, M. Fachri juga mengingatkan agar stakehokder desa juga kembangkan pemberdayaan masyarakat di wilayah hutan yang tentunya berbeda karakteristiknya dengan masyarakat di pesisir. Itu semua membutuhkan langkah-langkah advokasi pada desa-desa agar dapat lebih maju dan mandiri.

"Jika terdapat permasalahan internal di desa, perlu segera difasilitasi dan dicarikan langkah solusi. Jangan dibiarkan permasalahan tersebut berlarut-larut yang mengakibatkan penyaluran Dana Desa yang menjadi hak masyarakat menjadi terhambat," tegasnya.

Terkait pemanfaatan Dana Desa, M. Fachri berharap benar-benar sesuai kebutuhan masyarakat, terutama dapat memberikan dampak terhadap penanggulangan kemiskinan, peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan, dan peningkatan pelayanan publik.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Pendampingan Desa Program Inovasi Desa Dana Desa Ditjen PPMD Kemendesa PDTT Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Manfaat Cuka Putih Bagi Kesehatan Tubuh

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi