Gojek Berkomitmen Sejahterakan Mitra serta Partner UMKM GoFood

JABARNEWS | BANDUNG – Sebagai perusahaan super-app terdepan di Indonesia, Gojek berkomitmen untuk mensejahterakan para pelaku ekonomi mikro dan pekerja sektor informal yang tergabung dalam ekosistemnya, termasuk mitra driver dan merchant.

Komitmen ini didorong melalui ragam inovasi dan inisiatif yang fokus untuk membangun fondasi kesejahteraan mitra secara berkelanjutan untuk menghadirkan dampak sosial yang menyeluruh.

Head of Regional Corporate Affairs West Java and Banten GOJEK l, Wildan Kesuma menjelaskan bahwa dalam menjalankan strategi demi kesejahteraan mitra perlu didukung secara menyeluruh, dilihat dari tiga sisi, pendapatan yang berkesinambungan, pengelolaan keuangan yang baik, dan pengembangan skill dan pengetahuan.

Baca Juga:  Pejuang Bravo Lima Bagikan 1000 Paket Sembako untuk Warga

“Untuk mencapai ketiga hal tersebut, kami selalu memastikan agar inovasi yang dihadirkan mendukung unggulnya kualitas layanan Gojek. Tidak berhenti sampai disitu, kami juga menginisiasi Bengkel Belajar Mitra (BBM) dan mengembangkan program Gojek SWADAYA,” ujar Wildan di Hotel Moxy, Kota Bandung, Kamis (10/10/2019).

Terkait aspek inovasi, lanjutnya inisiatif yang dikembangkan oleh Gojek tidak hanya terbatas untuk mitra Gojek saja, tapi juga untuk partner GoFood juga. Inovasi ini juga memberikan manfaat yang sangat baik dari para partner GoFood. Salah satu inovasi yang dimaksudkan dalam hal ini diantaranya adalah penggunaan aplikasi GoBiz untuk para partner UMKM GoFood.

Baca Juga:  Waspada Uang Palsu Berdar di Purwakarta, Ini Faktanya

Pertumbuhan mitra partner didukung oleh teknologi Gojek, dimana menurut hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) menyatakan dampak positif dari teknologi Gojek juga langsung terlihat pada performa bisnis partner UMKM GoFood.

“Hal ini tercermin dari bagaimana 72% responden UMKM mengalami kenaikan klasifikasi omset setelah mereka menggunakan aplikasi khusus manajemen partner (GoBiz); dan 93% responden UMKM mengalami peningkatan volume transaksi setelah mereka menggunakan aplikasi GoBiz,” lanjutnya.

Baca Juga:  Peringatan Satu Abad ITB, Ini Pesan Presiden Jokowi

Wildan menuturkan, selain di tingkat nasional, trend positif dari teknologi partner GoFood ini juga terjadi di tingkat regional. Partner GoFood di Bandung juga menunjukkan peningkatan dari segi jumlah order maupun omset.

Kemudian, tambahnya, bila kita berbicara mengenai dampak ekonomi, kami melihat bahwa teknologi superior GOJEK telah membantu para partner, terutama UMKM, dalam mengembangkan skala bisnisnya.

“Para partner UMKM yang bergabung dengan GO-FOOD secara nasional termasuk di Jawa Barat rata-rata mengalami peningkatan omset 3,5 kali lipat sejak mereka bergabung,” pungkasnya. (Rnu)