Dinas KPP Cianjur Vaksin Ribuan Hewan yang Berpotensi Rabies

JABARNEWS | CIANJUR – Sebanyak 2.759 ekor hewan telah diberikan vaksin yang berpotensi mengidap rabies selama periode Januari-September 2019 oleh Dinas Kelautan Peternakan dan Perikanan Cianjur, Jawa Barat.

“Selama tahun ini sudah 155 ekor anjing liar yang dieliminasi untuk menghindari penyebaran rabies,” kata THL Medik Veteriner Dirjen Peternakan dan kesehatan Hewan Kementrian Pertanian, Drh Frida Prawita di Cianjur Jumat (11/10/2019).

Baca Juga:  Resmi Diperpanjang, Ini Aturan Main PSBB Bodebek

Sebanyak 2.759 ekor hewan yang sudah divaksin selama periode Januari-September terdiri dari 2.742 ekor anjing, kera dan kucing, 2 ekor berang-berang dan 15 ekor musang.

“Vaksinasi yang dilakukan tersebar di semua wilayah, paling banyak dilakukan di Cianjur selatan terutama Takokak dan beberapa kecamatan disekitarnya,” kata Frida.

Fokuskan pemberian vaksin, ungkap dia, di wilayah endemis rabies seperti di sebagian besar Kecamatan Takokak karena warga banyak memiliki hewan peliharaan seperti anjing untuk berburu.

Baca Juga:  Megawati Sentil Kepala Desa Usai Minta Dana Desa Naik 10 Persen dari APBN

Peran serta masyarakat untuk mewujudkan Cianjur bebas rabies cukup tinggi, terbukti dibeberapa wilayah, warga meminta petugas untuk melakukan eliminasi, terutama terhadap anjing liar.

Sedangkan kasus gigitan hewan yang terjadi selama Januari-September, belum ditemukan hewan yang memang positif rabies, sebagian besar hewan yang mengigit karena diganggu sehingga agresif.

“Dari 38 kasus gigitan hewan tidak ada yang rabies, berdasarkan hasil observasi. Hewan rabies akan mati dalam jangka beberapa hari setelah menggigit. Warga yang digigit hewan hanya mendapatkan penanganan biasa di pusat kesehatan,” katanya.

Baca Juga:  Duh! Ade Armando Kembali Dilaporkan Kepolisi, Kali Ini Terkait Tragedi Kanjuruhan

Pihaknya menargetkan 4.000 ekor hewan mendapatkan vaksinasi di sejumlah wilayah di Cianjur, vaksinasi hewan yang berpotensi rabies tersebut akan terus dilakukan karena masuk dalam program Cianjur bebas rabies. (Red)