Inilah Tips Merawat Tubuh Usai Melahirkan

JABARNEWS | BANDUNG – Momen setelah melahirkan menjadi pekerjaan rumah tersendiri bagi sang ibu. Sebagian orang mengalami beberapa perubahan fisik dan emosional setelah melahirkan dan hal itu membuat sang ibu harus mengontrol keduanya.

Selain merawat bayi, keharusan merawat diri sendiri untuk membangun kembali kekuatanmu. Dilansir Jabrnews.com dari gareng.id, seseorang membutuhkan beberapa hal yang harus dilakukan selama beberapa minggu pertama. Sebenarnya apa saja sih yang harus dilakukan untuk merawat tubuh setelah melahirkan? Simak beberapa cara merawat tubuh pasca persalinan berikut.

Istirahat yang cukup

Bayi yang baru lahir biasanya akan bangun setiap 3 jam dan perlu diberi makan, dihibur, atau mengganti popoknya. Terutama jika baru memiliki bayi, tentunya Anda dan pasangan bisa kewalahan karena kelelahan.

Mungkin tidak bisa tidur selama 8 jam untuk beberapa bulan pertama. Namun, harus tetap mendapatkan istirahat yang cukup. Tidurlah saat bayi sedang tidur, karena tidur sangat penting untuk masa pemulihan. Mungkin Anda hanya bisa tidur beberapa menit, tetapi hal itu akan bertambah dan berpengaruh pada istirahatmu.

Baca Juga:  PDIP dan PPP Bangun Poros Baru Di Pilkada Kabupaten Sukabumi

Memanjakan diri

Salah satu cara merawat diri adalah dengan membiarkan tubuh lebih rileks, mulai melakukan aktivitas sederhana seperti berendam di bak mandi selama 10 menit sementara pasangan mengawasi bayi.

Cobalah meluangkan waktu selama 5 hingga 10 menit sehari untuk merawat diri dengan cara-cara kecil sehingga membuat Anda merasa lebih positif. Selain itu, Anda juga bisa melakukan hobi yang di inginkan seperti menggambar, menyanyi, memasak, dan lain-lain.

Olahraga ringan

Sebagai ibu baru, mungkin tidak punya waktu untuk melakukan aktivitas kebugaran selama satu jam secara intensif. Sebagai gantinya, bisa melakukan olahraga yang ringan dan cepat di rumah saat bayi sedang tidur.

Baca Juga:  Terpeleset Saat Mancing, Atang Hanyut di Sungai Cimanuk Garut

Dengan melakukan berjalan-jalan atau jogging ringan di sekitar rumah. Tidak hanya itu, bisa juga sambil mengajak bayi berjalan-jalan menghabiskan waktu di luar. Namun pastikan bayi terlindungi dari sinar matahari dan debu saat mengajaknya keluar.



Jangan mengeluhkan bentuk tubuh baru


Umumnya wanita yang telah melahirkan mengalami perubahan fisik yang signifikan. Karena hal itu hanya akan mengarahkan pikiran pada hal yang tidak realistis dan membuat pikiran selalu negatif.

Gunakan afirmasi positif seperti sering mengucapkan hal-hal yang positif pada diri sendiri. Selain itu mulailah berhenti mengikuti akun sosial media yang menunjukkan bentuk tubuh yang sempurna. Dengan begitu, periode setelah melahirkan ini tidak akan membuat Anda merasa tertekan.



Konsumsi makanan bernutrisi


Setelah melahirkan, Anda perlu mendapatkan nutrisi yang baik untuk mempercepat pemulihan dan memberi energi yang dibutuhkan. Sebaiknya konsumsi makanan tinggi protein, vitamin C, dan zat besi.

Baca Juga:  Pemprov Jabar Diminta Bentuk TIm Pemantauan PPDB Oleh Komisi V DPRD

Protein membantu proses penyembuhan dan dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan baru. Vitamin C berperan penting dalam penyembuhan melawan infeksi. Sedangkan zat besi membantu sistem kekebalan tubuh dan dibutuhkan untuk hemoglobin.

Kemudian, bisa di dapatkan sumber protein dari ikan, ayam, telur, kacang-kacangan, dan daging. Sedangkan sumber vitamin C yang baik adalah jeruk, melon, dan pepaya. Untuk makanan tinggi zat besi Anda bisa mendapatkannya dari sereal, daging merah, dan kacang kering.

Selain makanan, Anda juga membutuhkan banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Jika Anda menyusui, konsumsi setidaknya 4 gelas susu rendah lemak atau yogurt rendah lemak untuk mendapatkan kalsium yang cukup.(Red)