Kawah Putih Kembali Siap Dikunjungi Wisatawan

JABARNEWS | BANDUNG – Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko, mengungkapkan, sempat di tutupnya objek wisata Kawah Putih Kabupaten Bandung oleh Polisi, akibat terjadinya Karhutla di sebagian kawasan Kawah Putih, kini sudah mulai padam dan sudah aman untuk dibuka kembali untuk wisata,.

“Secara situasi sudah terkendali namun terkait pembukaan lokasi, itu ada di otoritas pengelola lokasi,” kata Trunoyudo.

Baca Juga:  Walah! Bupati Cianjur Dipanggil Bareskrim Polri, Ada Apa?

Sebelumnya, akibat dari Karhutla yang terjadi tersebut polisi menutup sebagian kawasan Kawah Putih. Salah satunya penutupan itu difokuskan terhadap area Skywalk Cantigi yang merupakan tempat berswafoto karena turut terbakar.

Selain itu, menurutnya penyebab kebakaran bisa saja terjadi karena dua faktor, salah satunya faktor alam karena musim kemarau membuat lahan menjadi kering. Sedangkan menurutnya untuk faktor manusia bisa saja terjadi akibat disengaja maupun tidak disengaja.

Baca Juga:  Tambah 1 Lagi, Ruang Publik Kota Bandung Sekaligus Konservasi

“Kepolisian masih melakukan proses penyelidikan untuk mengetahui penyebab terjadinya kebakaran. Untuk itu, pihaknya mengumpulkan sejumlah alat bukti berupa pemeriksaan saksi-saksi dan meminta pendapat ahli melalui forensik,” ujar Kabid Humas

Baca Juga:  IPW: Novel Adalah Tersangka Kasus Penembakan di Bengkulu

Kemudian Kombes Trunoyudo menmbahkan, perlunya alat bukti penyelidikannya jika terjai kesengajaan dalam karhutla, kalau pun tidak sengaja bisa terjadi karena masyarakat membuang sampah sembarangan seperti puntung rokok juga Botol bekas air mineral yang bisa menyebabkan kebakaran. (Ara)