bjb

Lagi, Gunung Cikuray Terbakar Hanguskan 40 Hektar Lahan

Gunung Cikuray terbakar pada Minggu (13/10/2019) petang. (Foto: Istimewa)

JABARNEWS | GARUT - Jalur pendakian menuju Gunung Cikuray di Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat mengalami kebakaran. Tidak hanya jalur pendakian, perkebunan yang ada di sekitar jalur pendakian ikut terbakar pada Minggu (13/10/2019) petang.

Luas lahan di Gunung Cikuray, Kabupaten Garut, Jawa Barat yang terbakar mencapai puluhan hektare. Hingga Senin dini hari, petugas masih berusaha memadamkan api.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut, Tubagus Agus Sofyan, menuturkan petugas kesulitan memadamkan api. Banyak rumput dan pohon kering yang mudah terbakar.

“Ditambah angin cukup kencang sehingga mudah merembet,” ucap Tubagus, Senin (14/10/2019).

Tubagus menyebut, luas lahan di Gunung Cikuray yang terbakar sekitar 40 hektare. Untuk pemadaman, pihaknya berfokus ke area yang mendekati pemukiman warga.

Baca Juga:

Meriahkan HUT Indonesia, Pemkab Garut Gelar Empat Festival

Pemkab Garut Alokasikan Rp. 700 Juta Untuk Transportasi Haji

“Jarak lokasi kebakaran ke rumah warga cuma lima kilometer. Kami berupaya agar api tidak semakin mendekat ke rumah penduduk,” katanya.

Tim dari Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD, polisi, TNI, dan relawan turun ke lokasi membantu pemadaman. Mobil pemadam tak bisa sampai ke lokasi kebakaran sehingga menyulitkan pemadaman.

“Kami pakai cara manual untuk memadamkan api. Soalnya sulit cari sumber air,” ujarnya.

Kebakaran yang terjadi di Gunung Cikuray melengkapi kebakaran hutan di Kabupaten. Garut Sebelumnya, kebakaran juga terjadi di Gunung Guntur dan Gunung Papandayan. (Red)


Tags : Gunung Cikuray terbakar Pemkab Garut BPBD Garut Dinas Pemadam Kebakaran Jabarnews Berita Jawa Berar Berita Terkini

berita terkait

Ada Tim Reaksi Cepat Tangani Dampak Kemarau di Garut

CJH Garut Terbagi Lima Kloter

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi