Lagi, Gunung Cikuray Terbakar Hanguskan 40 Hektar Lahan

JABARNEWS | GARUT – Jalur pendakian menuju Gunung Cikuray di Kecamatan Bayongbong, Kabupaten Garut, Jawa Barat mengalami kebakaran. Tidak hanya jalur pendakian, perkebunan yang ada di sekitar jalur pendakian ikut terbakar pada Minggu (13/10/2019) petang.

Luas lahan di Gunung Cikuray, Kabupaten Garut, Jawa Barat yang terbakar mencapai puluhan hektare. Hingga Senin dini hari, petugas masih berusaha memadamkan api.

Baca Juga:  Bukan Diserahkan ke Warga, Kenapa Beras Bansos Presiden Malah sengaja Dikubur?

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Garut, Tubagus Agus Sofyan, menuturkan petugas kesulitan memadamkan api. Banyak rumput dan pohon kering yang mudah terbakar.

“Ditambah angin cukup kencang sehingga mudah merembet,” ucap Tubagus, Senin (14/10/2019).

Tubagus menyebut, luas lahan di Gunung Cikuray yang terbakar sekitar 40 hektare. Untuk pemadaman, pihaknya berfokus ke area yang mendekati pemukiman warga.

Baca Juga:  Sakit tak Kunjung Sembuh, Seorang Warga Campaka Cianjur Nekad Gandir

“Jarak lokasi kebakaran ke rumah warga cuma lima kilometer. Kami berupaya agar api tidak semakin mendekat ke rumah penduduk,” katanya.

Tim dari Dinas Pemadam Kebakaran, BPBD, polisi, TNI, dan relawan turun ke lokasi membantu pemadaman. Mobil pemadam tak bisa sampai ke lokasi kebakaran sehingga menyulitkan pemadaman.

Baca Juga:  Pangdam I/BB Sidang Parade Seleksi Prajurit Berkualitas

“Kami pakai cara manual untuk memadamkan api. Soalnya sulit cari sumber air,” ujarnya.

Kebakaran yang terjadi di Gunung Cikuray melengkapi kebakaran hutan di Kabupaten. Garut Sebelumnya, kebakaran juga terjadi di Gunung Guntur dan Gunung Papandayan. (Red)