bjb

Inilah Cara Sederhana Atasi Masalah Sariawan

Ilustrasi seserang dengan masalah sariawan (Foto : radiofortuna.id)

JABARNEWS | BANDUNG - Ada beberapa hal yang  menyebabkan munculnya sariawan tanpa kita sadari. Namun, kendati demikian hampir semua orang pernah mengalami sariawan bahkan sering kali sariawan muncul secara tiba-tiba.

Penyebab sariawan memang kadang sulit dipastikan. Di lansir Jabarnews.com dari Alodokter.com, berbagai faktor yang diketahui dapat memicu kondisi sariawan, mulai dari kurangnya asupan nutrisi, konsumsi makanan asam atau pedas, kebiasaan merokok, hingga penggunaan obat-obatan tertentu.

Nah berikut ini Cara Mengatasi Sariawan yang bisa dilakukan secara sederhana

Jaga kebersihan mulut
Cara utama untuk mengatasi sariawan adalah menjaga kebersihan mulut, dengan rutin menyikat gigi menggunakan pasta gigi dan sikat gigi berbulu lembut. Selain itu, gunakan benang gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi.

Kompres es
Anda bisa mengompres sariawan menggunakan es, dengan cara mengulum es batu di area yang mengalami sariawan. Cara ini bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri dan mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh sariawan.

Cukupi asupan nutrisi
Kekurangan asupan nutrisi merupakan salah satu penyebab munculnya sariawan. Jadi, pastikan tubuh Anda sudah mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, terutama vitamin B12, zinc, zat besi, dan asam folat. Anda dapat memenuhi seluruh asupan nutrisi tersebut dari sayuran hijau dan buah-buahan.

Gunakan obat kumur alami
Obat kumur yang mengandung bahan alami, seperti daun sirih, daun saga, dan akar manis (licorice), juga bisa Anda gunakan untuk mengobati sariawan, karena bahan-bahan ini memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiradang.
Selain mampu mengatasi sariawan, bahan-bahan alami tersebut juga dapat menjaga kesegaran mulut Anda.

Hindari makanan pemicu sariawan
Munculnya sariawan biasanya dipicu oleh makanan pedas, asam, dan panas, maka Anda perlu menghindari konsumsi makanan tersebut untuk sementara waktu. Hindari pula mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas, karena berisiko memperparah luka pada sariawan dan memperlambat penyembuhannya.

Sementara itu, jika dirasa perlu datanglah ke dokter agar di berikan obat antibiotik atau antijamur untuk mengatasi infeksi, obat kortikosteroid untuk meredakan peradangan, dan obat-obatan untuk mengurangi rasa sakit. (Red)


Tags : Penyakit Sariawan Kesehatan Mulut Kebersihan Mulut Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi