Waspada! 60 Persen Gangguan Mata Disebabkan Penggunaan Handphone

JABARNEWS | BANDUNG – Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI, Anung Sugihantono mengungkapkan sekitar 40% hingga 60% gangguan penglihatan disebabkan oleh penggunaan handphone (HP) yang berlebihan.

Dia menjelaskan, salah satu faktor resiko tersebut yaitu penggunaan handphone yang terlalu lama terutama di situasi pencahayaan yang kurang.

Baca Juga:  Potret Suram Pendidikan Indonesia! Guru Terlilit Pinjol, Syaiful Huda: Sangat Prihatin

“Berdasarkan penelitian, di beberapa provinsi penggunaan hp yang tidak sehat berpotensi terhadap 40-60 persen gangguan penglihatan,” kata Anung kepada wartawan Di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (15/10/2019).

Lebih lanjut, dia mencontohkan, anak-anak kelas satu SD yang menggunakan hp lebih dari tiga jam sehari berpotensi meningkatkan resiko 4-6 kali lipat gangguan penglihatan dibandingkan mereka yang menggunakannya kurang dari satu jam.

Baca Juga:  Pengumuman Hasil Administrasi CPNS 2023 Mulai Hari Ini, Cek Disini

Selain itu, Anung menghimbau kepada seluruh masyarakat khusunya anak-anak untuk membatasi dalam penggunaan telefon.

“Saya mengimbau agar masyarakat terutama anak-anak tidak menggunakan atau melihat layar handphone lebih dari tiga jam sehari,” pungkasnya.

Baca Juga:  KPK Didorong Usut Dugaan Keterlibatan Korporasi Kasus Meikarta

Menurutnya anak-anak perlu melakukan aktivitas lain yang membebaskan mereka dari menatap layar gawai. Hal itu penting agar tidak membahayakan kesehatan penglihatan mereka di masa yang akan datang. (RNU)