bjb
itcbet

Catat! Ini Daftar Lengkap Obat Pengganti Ranitidin Rekomendasi BPOM

Daftar obat pengganti ranitidin rekomendasi BPOM. (Foto: BPOM)

JABARNEWS | BANDUNG - Para dokter selama ini biasa meresepkan obat lambung Ranitidin bagi pasien yang menderita masalah tukak lambung atau maag. Namun, baru-baru ini Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) memutuskan untuk menarik obat tersebut dari pasaran.

BPOM telah memberikan persetujuan terhadap Ranitidin sejak tahun 1989 melalui kajian evaluasi keamanan, khasiat, dan mutu. Ranitidin tersedia dalam bentuk sediaan tablet, sirup, dan injeksi. Namun, sebelumnya, total 67 batch dari 9 produk ranitidin yang diedarkan 7 perusahaan farmasi diketahui memiliki kadar NDMA diatas ambang batas dipersyaratkan dan berisiko kanker.

Baca Juga:

Aduh.. Kopi Cleng Memakan Korban, Begini Tindakan Dinkes Cianjur

BPOM: Resmi! Ranitidin Sudah Aman Dipakai Bagi Penderita Asam Lambung



Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) merilis daftar obat pengganti ranitidin untuk menghindari cemaran Nitrosodimethylamine (NDMA) pada produk ranitidin (11/10/2019) yang ditarik dari peredaran.

“Masyarakat yang sedang menjalani pengobatan dengan ranitidin dapat menghubungi dokter atau apoteker untuk mendapatkan alternatif pengganti terapi” dikutip pernyataan BPOM.
Halaman selanjutnya
Tags : Ranitidin Ditarik BPOM BPSK Jabar Ranitidin Mengandung NDMA Badan POM Zat Kanker Obat Magg Obat Pengganti Ranitidin Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Dinkes Ciamis Pastikan Ranitidine Sudah Tidak Diedarkan

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi