bjb

FKUB Purwakarta Menjaga Harmoni Kebangsaan dalam Bingkai NKRI

Workshop peningkatan peran dan fungsi FKUB menjaga harmoni kebangsaan dalam bingkai NKRI, Rabu (16/10/2019). (Foto: Gin/JabarNews)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Bertemakan "Merajut Kurukunan Umat Bergama" Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Purwakarta, menggelar workshop Peningkatan Peran dan Fungsi FKUB Menjaga Harmoni Kebangsaan Dalam Bingkai NKRI.

Kegiatan yang diikuti 60 peserta dari masing -masing elemen pengurus FKUB, tokoh lintas agama, pemuda lintas agama dan perwakilan lembaga lainnya, di gelar di Hotel Intan, Jalan Basuki Rahmat, Kelurahan Sindangkasih, Purwakarta, Rabu (16/10/2019).

Dalam sambutannya, Ketua FKUB Kabupaten Purwakarta, KH. John Dien, mengatakan, bahwa Islam itu terdiri dari lima huruf yang mempunyai makna tersendiri yaitu indah.

"Yang pada dasarnya semua manusia menyukai suasana yang indah kebersamaan dan menebarkan senyum juga itu membuat hati kita senang, lembut, serta asyik, karena Islam itu tidak memberatkan pada penganutnya juga tidak mempersulit bagi pengikutnya," ungkap Kyai karismatik itu.

Hal senanda diungkapkan, Sekretaris FKUB Kabupaten Purwakarta, Ceceng Abdul Qodir, menurutnya, tingkatkan peran tokoh agama tokoh masyarakat serta semua elemen yang hadir untuk tetap menebar kedamaian dalam masyarakat serta kokohkan kebersamaan dalam menjaga stabilitas kerukunan yang selama ini tetap terjaga.

Baca Juga:

Dedi Mulyadi Kritik PT Jasa Marga Lewat Medsos

Inilah Instruksi Bupati Purwakarta Terkait Insiden Atap SD yang Ambruk

"Orang bisa cepat marah bila akidah atau keyakinan agamanya dilecehkan, dihina, direndahkan, dan apalagi dinodai. Karena itu, saling menghormati antar pemeluk agama mutlak diperlukan demi menjaga kerukunan dan keharmonisan kehidupan antarumat beragama," ungkap pria yang menjabat sebagai Anggota DPRD Purwakarta itu. 

Meminjam apa yang pernah disampaikan almarhum KH Hasyim Muzadi, tambah dia, urusan akidah atau keyakinan adalah urusan internal masing-masing pemeluk agama.

"Orang atau pihak lain tidak boleh intervensi atau ikut campur terhadap akidah dan ibadah pemeluk agama lain. Sedangkan masalah muamalah harus didayagunakan dalam bentuk kerja sama untuk membangun negeri ini," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, peserta juga mendapat materi dari Kepala kantor Kementerian Agama Purwakarta, H. Tedi Ahmad Juanedi, Dandim 0619 Purwakarta, Letkol Arh Yogi Nugroho, Kapolres Purwakarta, AKBP. Matrius, dan Kepala Kesbangpol, Drs. Uus Usna. (Gin)


Tags : FKUB Purwakarta Bingkai NKRI Forum Kerukunan Umat Beragama Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Purwakarta

berita terkait

Seorang Pria Ditemukan Tewas Terbakar di Hutan Jati Purwakarta

Manggala Garuda Putih Unjuk Kebolehan Dihadapan Kapolda Jabar

Personel TNI Polri Berjaga di Mapolres Purwakarta

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi