PMI Ciamis Pastikan Stok Darah Dalam Kondisi Baik

JABARNEWS | CIAMIS – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Ciamis memastikan stok darah yang ditampung di PMI Kabupaten Ciamis dalam kondisi baik dan siap digunakan setiap saat. Direktur UTD PMI Kabupaten Ciamis, Dr. Andi Bastian mengatakan pihaknya memastikan ketersediaan stok darah aman.

Baca Juga:  Netizen Anggap Gelar Queen Consort Lebih Pantas untuk Putri Diana Daripada Camilla

“Setiap pengambilan darah dari setiap calon pendonor, kita melakukan pemeriksaan terlebih dahulu dengan sesuai standard operating procedure (SOP),” ucap Dr. Andi Bastian, kepada Jabarnews di Kantor Dinas Kesehatan Ciamis, Rabu (16/10/2019).

Seperti darah yang kurang layak atau pun sudah habis masa kadaluarsanya dengan maksimal 30-35 hari, darah tersebut langsung segera dimusnahkan dengan insinerator.

Baca Juga:  Kejagung Tunda Proses Kasus Caleg hingga Calon Kepala Daerah, Termasuk Capres-Cawapres

“Kalau pun ada sesuatu yang terindikasi penyakit tertentu dari calon pendonor, kita tidak akan melanjutkan pengambilan darah,” katanya.

Dengan demikian, kita selalu memberikan darah yang berkualitas dan juga terjamin keamanan darahnya.

Baca Juga:  Pekerja di Garut Bisa Rapid Test Gratis, Asalkan...

“Saat ini stok darah di PMI Kabupaten Ciamis masih tercukupi, rata-rata dalam 1 bulan kita berhasil mengumpulkan 1000 labu kantong darah,” ujarnya.

Dr. Andi berharap, kesadaran masyarakat untuk mendonor darah semakin meningkat, supaya kebutuhan darah bagi masyarakat Kabupaten Ciamis bisa tercukupi,” harapnya. (CR1)