BPJS Ketenagakerjaan Raih Dua Penghargaan Tertinggi Certificate of Excellence

JABARNEWS | BANDUNG – BPJS Ketenagakerjaan meraih 2 (dua) penghargaan tertinggi dari International Social Security Association ISSA dalam hal pengembangan dan pemanfaatan Sistem Teknologi Informasi (TI) dan pelaksanaan program Return to Work.

Penghargaan tersebut diserahkan dalam pertemuan institusi jaminan sosial sedunia (World Social Security Forum /WSSF) di Brussels, Belgia, yang diselenggarakan oleh International Social Security Association (ISSA) dan dihadiri 152 negara.

Penghargaan yang diterima BPJS Ketenagakerjaan hanya diberikan kepada lembaga yang mampu mengimplementasikan pedoman dan standar internasional jaminan sosial (Guidelines) dari ISSA.

Penghargaan tersebut dinamakan ISSA Certificate of Excellence in Social Security Administration for Information Communication Technology (ICT) dan ISSA Certificate of Excellence in Social Security Administration for Return to Work (RTW) program.

BPJS Ketenagakerjaan menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia, dari 7 (tujuh) penerima penghargaan dari ISSA pada kegiatan tersebut.

Marcelo Abi-Ramia Caetano, Sekretaris Jenderal ISSA menyatakan, sistem IT dan program RTW BPJS Ketenagakerjaan telah berhasil memenuhi semua aspek Guidelines yang ditentukan oleh ISSA, bahkan memberikan masukan yang krusial bagi ISSA untuk penyempurnaan Guidelines dimaksud.

Baca Juga:  Kembali Gabung Persib, Achmad Jufriyanto Mengaku Tak Perlu Adaptasi

Seremonial pemberian penghargaan ISSA ini dilaksanakan pada Rabu pagi (16/10/2019), disaksikan langsung oleh lebih dari 1.000 delegasi WSSF yang merupakan perwakilan dari lebih dari 300 institusi jaminan sosial yang berasal dari 152 negara.

Pertemuan WSSF direncanakan berlangsung sejak tanggal 14 hingga 18 Oktober 2019 dan dihadiri oleh menteri dan petinggi jaminan sosial sedunia.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, berharap apresiasi ini menjadi penyemangat dan motivasi bagi insan BPJS Ketenagakerjaan di seluruh Indonesia.

Penghargaan ini sangat spesial, karena lembaga jaminan sosial di Indonesia baru pertama kali menerima penghargaan setingkat ISSA Certificate of Excellence.

“Dan pertama kali juga sebuah lembaga langsung sekaligus mendapatkan 2 (dua) award, untuk ICT dan RTW. Tentunya ini berkat kerja cerdas dan keras semua pegawai yang didukung oleh semua stakeholder kami,” kata Agus melalui keterangan resmi yang diterima Jabarnews.com, Rabu (16/10/2019).

Baca Juga:  Ramalan Zodiak Kesehatan 14 Mei 2022, Pemilik Rasi Bintang Leo, Virgo dan Libra

Agus menjelaskan, kunci pengembangan sistem TI BPJS Ketenagakerjaan adalah berusaha mengoptimalkan kapasitas internal dalam mengembangkan sistem TI yang handal, namun tetap efisien dan memenuhi standar keamanan yang baik.

Pengembangan TI oleh internal BPJS Ketenagakerjaan juga berdampak pada sistem TI yang lebih fleksibel sehingga dapat lebih tanggap menghadapi berbagai tantangan di lapangan.

“Berbagai inovasi yang dikembangkan BPJS Ketenagakerjaan seperti sistem keagenan PERISAI, aplikasi mobile BPJSTKU, hingga antrian online untuk Klaim JHT dapat berjalan baik berkat dukungan sistem TI yang mumpuni”, tambah Agus.

Sedangkan pelaksanaan progran RTW dari BPJS Ketenagakerjaan telah mengalami perkembangan pesat, dengan jumlah pekerja korban kecelakaan kerja yang telah bekerja kembali mencapai 583 orang.

“Hal ini tercapai berkat sistem tata kelola RTW yang terencana dengan baik, dengan dukungan personil case manager yang bekerja tidak hanya mengandalkan profesionalitas saja namun juga mengedepankan empati. Juga berkat kerjasama kami dengan 7.417 rumah sakit yang berperan sebagai Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) dan perusahaan peserta kami di seluruh Indonesia,” jelas Agus.

Baca Juga:  Beli Solar dan Pertalite Wajib Pakai Aplikasi MyPertamina

Dua Penghargaan ini ujar Agus, menjadi bukti bagi dunia bahwa pelaksanaan jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia telah sesuai, bahkan diatas standar Internasional.

“Penghargaan ini juga memicu kami untuk terus berusaha lebih baik lagi dalam melindungi dan memberikan kemudahan pelayanan kepada seluruh masyarakat pekerja Indonesia”, tutup Agus.

Sementara itu di tempat terpisah, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwakarta Didi Sumardi menambahkan, sebagai insan BPJS Ketenagakerjaan dirinya bangga atas penghargaan yang diterima tersebut.

Ia bersama pegawai BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwakarta akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan dan masyarakat di wilayah kerjanya.

“Dua penghargaan ini akan kami jadikan motivasi untuk terus memberikan layanan terbaik dan kemudahan kepada seluruh peserta BPJS Ketenagakerjaan,” tutur Didi. (Zal)