Optimalkan Layanan, BPJS Ketenakerjaan Kerjasama dengan PLKK

JABARNEWS | BANDUNG BARAT – Keberadaan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) merupakan terobosan dari BPJS Ketenagakerjaan guna melayani secara optimal para pesertanya yang mengalami kecelakaan kerja.

Deputi Direktur BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Barat Kuswahyudi mengatakan dengan adanya PLKK peserta yang mengalami musibah kecelakaan kerja dapat merasakaan manfaat JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) melalui layanan PLKK dengan hanya menunjukkan kartu peserta aktif.

“Kita akan terus melakukan kerjasama dengan seluruh pusat pelayanan kesehatan (PPK) tingkat 1, seperti puskesmas dan klinik, untuk dapat segera melayani peserta kami yang mengalami kecelakaan kerja, terutama di desa-desa di seluruh wilayah,” kata Kuswahyudi saat menghadiri kegiatan Gathering BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta bersama mitra PLKK wilayah Subang dan Purwakarta di Putri Gunung Hotel Lembang, Jum’at malam (11/10/2019).

Baca Juga:  Tak Disangka, Ini Penyebab Kecelakaan Beruntun di Tol Jagorawi

Untuk wilayah Jawa Barat ujar Kuswahyudi, sudah ada 1.600 PLKK yang tersebar di 26 kabupaten/kota di Jawa Barat yang sudah bekerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan dan akan terus bertambah.

PLKK jelas Kuswahyudi, merupakan pintu pertama penanganan kecelakaan kerja. Peserta yang mengalami kecelakaan kerja akan mendapatkan penanganan pertama sehingga bisa mencegah dampak atau risiko lainnya yang bisa timbul.

Dengan langsung ke PLKK yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, peserta cukup menunjukan kartu kepesertaan, sehingga langsung mendapat layanan, penanganan medis tanpa mengeluarkan biaya sendiri, karena langsung konek dan menjadi tanggung jawab BPJS Ketenagakerjaan.

“Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja memang diharapkan dapat langsung dibawa ke PLKK atau faskes yang sudah kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan,” jelasnya.

Baca Juga:  Ke Purwakarta, Presiden Jokowi Bagikan Baju pada Warga

Dalam kesempatan itu juga Kuswahyudi menambahkan, BPJS Ketenagakerjaan setiap tahunnya mengadakan lomba PLKK secara nasional.

Melalui lomba tersebut diharapkan pihak PLKK bisa memberikan berbagai inovasi baru dalam memberikan layanannya kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Harapan kita melalui lomba dan pemberian award ini dapat memberikan rasa bangga kepada PLKK dan tentunya terus memberikan layanan terbaiknya kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwakarta Didi Sumardi menjelaskan, pihaknya senantiasa memberikan perlindungan dan pelayanan yang terbaik bagi peserta dengan cara memudahkan peserta untuk mendapatkan hak nya atas manfaat BPJS Ketenagakerjaan terutama kasus kecelakaan kerja yang membutuhkan penanganan cepat untuk meminimalisir risiko.

Baca Juga:  Siswa Belum Divaksin, SMAN 1 Sei Rampah Gagal Gelar PTM Terbatas

Salah yang dilakukan yaitu melakukan kerjasama dengan PLKK yang berada di Kabupaten Purwakarta dan Subang, sebagai wilayah unit kerja BPJS Ketenagakerjaan Purwakarta.

“Melalui gathering ini kita mengharapkan PLKK secara konsisten memberikan pelayanan terbaik serta lebih proaktif terhadap perusahaan, khususnya para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengalami kecelakaan kerja,” ujar Didi.

Untuk diketahui, pelaksanaan Gathering PLKK tersebut dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 11-12 Oktober 2019, dihadiri Wakil Bupati Subang Agus Masykur, dan 57 peserta yang merupakan perwakilan dari rumah sakit, klinik, puskesmas, dinas kesehatan serta mitrakerja BPJS Ketenagakerjaan Cabang Purwakarta di wilayah Purwakarta dan Subang. (Zal)