bjb

Inilah Fakta Unik Jembatan Cirahong Jadi Cagar Budaya Batas Kabupaten

Lokasi jembatan Cirahong (Foto: mounture.com)

JABARNEWS | BANDUNG - Terowongan Jembatan Cirahong yang termasuk dalam bangunan cagar budaya di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Merupakan, salah satu pembangunan rel kereta api jalur selatan di Pulau Jawa dengan panjang jembatan 220 meter.  

Beberapa Fakta Jembatan ciharong yang dilansir dari alampriangan.com bahwa jembatan ini merupakan satu-satunya peninggalan Belanda di Kabupaten Ciamis. Miliki dua fungsi pada bagian atas untuk lalu lintas kereta api dan bagian bawah jembatan berfungsi untuk lalu lintas kendaraan mobil serta motor termasuk pejalan kaki yang masih berfungsi.

Sejarah Jembatan Ciharong

Pembangunan Jembatan Cirahong tidak terlepas dari peran R.A.A. Kusumadiningrat atau Kangjeng Prebu, Bupati Galuh Ciamis tahun 1839 – 1886. Kala itu Pemerintah Kolonial Belanda sedang membangun jalan kereta api jalur selatan yang melewati Bandung, Garut, Tasikmalaya dan Banjar selanjutnya nyambung ke Jawa Tengah.

Pembangunan jalur kereta api tersebut, selain untuk angkutan massal, juga untuk mengangkut hasil bumi dari Priangan, seperti kapas, kopi, kapol, dan lainnya ke Jakarta.

Tempat wisata
Berada di antara dua bukit di pingir sungai, menjadikan Jembatan Cirahong memiliki keunikan dan keindahan panorama yang ada di sekitarnya. Biasanya pada waktu tertentu, banyak warga yang sengaja berolah raga dengan bejalan kaki menuju ke Jembatan, sebagai destinasi wisata bagi warga setempat.

Tempat kuliner
Di sekitar Cirahong banyak berdiri warung yang menjual makanan. Menunya bervariasi, mulai karedok sampai bakar ikan. Dari arah Manonjaya juga banyak djual buah-buahan produk setempat, seperti salak atau nangka.
Baca Juga:

Wagub Jabar: Pembangunan Jembatan Betmen Membutuhkan 200 Milyar

DPRD Jabar Dorong De Majestic Jadi Tonggak Seni Budaya


Sedang dari arah pintu Ciamis, telah berdiri rumah makan Sunda yang cukup representatif yang menambah suasana Cirahong semakin mengasyikan untuk dikunjungi.

Mistis


Jembatan Cirahong juga terkenal dengan cerita-cerita seramnya, terutama di malam hari. Karenanya, tempat ini beberapa kali dijadikan lokasi shooting acara-acara mistis yng tang di perfileman indonesia.

Ketinggian jembatan yang setinggi 66 meter, juga beberapa kali dijadikan tempat untuk bunuh diri dengan cara meloncat dari atas jembatan. (Red)




Tags : Jembatan Cirahong Cagar Budaya Pembangunan Peninggalan Belanda Tasik Ciamis Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Pemkot Bandung Nyatakan Gang Apandi Jadi Status Quo

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi