Inilah Fakta Unik Jembatan Cirahong Jadi Cagar Budaya Batas Kabupaten

Berfungsi untuk lajur kereta api di bagian atas dan bagian bawah untuk lalu lintas kendaraan mobil serta motor termasuk pejalan kaki

Lokasi jembatan Cirahong (Foto: mounture.com)

JABARNEWS | BANDUNG - Terowongan Jembatan Cirahong yang termasuk dalam bangunan cagar budaya di perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Merupakan, salah satu pembangunan rel kereta api jalur selatan di Pulau Jawa dengan panjang jembatan 220 meter.

Beberapa Fakta Jembatan ciharong yang dilansir dari alampriangan.com bahwa jembatan ini merupakan satu-satunya peninggalan Belanda di Kabupaten Ciamis. Miliki dua fungsi pada bagian atas untuk lalu lintas kereta api dan bagian bawah jembatan berfungsi untuk lalu lintas kendaraan mobil serta motor termasuk pejalan kaki yang masih berfungsi.

Baca Juga:

Bank bjb Gunakan Hak Jawab Atas Pemberitaan Rumah Cagar Budaya

TACB Indramayu: Fosil Gajah Purba Miliki Panjang 32 Sentimeter





Sejarah Jembatan Ciharong


Pembangunan Jembatan Cirahong tidak terlepas dari peran R.A.A. Kusumadiningrat atau Kangjeng Prebu, Bupati Galuh Ciamis tahun 1839 – 1886. Kala itu Pemerintah Kolonial Belanda sedang membangun jalan kereta api jalur selatan yang melewati Bandung, Garut, Tasikmalaya dan Banjar selanjutnya nyambung ke Jawa Tengah.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Jembatan Cirahong Cagar Budaya Pembangunan Peninggalan Belanda Tasik Ciamis Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Gedung Kembar Purwakarta Salah Satu Cagar Budaya yang Diakui BPCB

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi