DPRD Jabar Prihatin Wilayahnya Penangkapan Teroris Terbanyak

JABARNEWS | BANDUNG – Dalam kurun waktu 10-16 Oktober 2019 Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri berhasil menangkap 36 tersangka teroris di sejumlah daerah. Wilayah Jawa Barat memiliki tersangka teroris terbanyak hingga mencapai 12 orang dengan rincian terdiri wilayah Bandung 7 orang sedangkan wilayah Cirebon 5 orang.

“Ini sangat memprihatinkan. Di mana peran kami di DPRD dan Pemprov Jabar, juga secara khusus pihak kepolisian dan TNI, yang sangat dibutuhkan terjun langsung ke masyarakat untuk menjelaskan bahaya terorisme,” kata Anggota Komisi I DPRD Jawa Barat Syahrir, di Bandung, Kamis (17/10/2019).

Baca Juga:  Raperda RTRW Tinggal Diteken Bupati Pangandaran

Politikus dari Fraksi Partai Gerindra DPRD Jabar ini berharap semua pihak terkait bisa menyadarkan para pelaku teroris bahwa pilihan mereka menjadi seorang teroris adalah sebuah pilihan hidup yang salah.

Baca Juga:  Awas, Penjahat Asusila di Aplikasi Kencan Ini Punya Ratusan Korban

“Ini perlu diantisipasi di tingkat bawah dengan peningkatan kewaspadaan di masyarakat, di tingkat kelurahan dan lingkungan. Dengan begitu bisa mengantisipasi teroris dan paham radikal,” kata dia.

Selain itu, ia juga meminta peran Pemprov Jabar segera membuka komunikasi dengan pemkab/pemkot untuk melakukan berbagai tindak pencegahan dalam mengantisipasi masuknya paham radikal.

“Orang tua diharapkan untuk senantiasa memberikan pemahaman kepada anggota keluarganya tentang bahaya radikalisme terhadap keutuhan NKRI,” katanya.

Baca Juga:  Kemendikbud Resmi Tutup 23 Perguruan Tinggi Bermasalah, Terbanyak di Jawa Barat dan Jakarta

Mengantisipasi hal ini Syahrir menilai juga diperlukan pengawasan ketat di ranah media sosial yang saat ini juga dijadikan sarana atau media untuk merekrut teroris. Diperlukan peran keluarga dan bimbingan lain yang intinya memberi pencerahan bahwa nusantara ini sangat berharga bagi bangsa ini. (Ara)