aqua

Angka Kematian Ibu Hamil di Ciamis Meningkat

Januari sampai Agustus 2019 angka kematian ibu hamil sudah mencapai 13 kasus.

Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi (Kesgagizi) Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Elis Lismayani. (Foto: Tony/JabarNews)

JABARNEWS | CIAMIS - Angka kematian ibu hamil dan bayi baru lahir di Kabupaten Ciamis cukup meningkat, di tahun 2018 saja jumlah angka kematian ibu mencapai 15 kasus, sedangkan dari Januari sampai Agustus 2019 angka kematian ibu hamil sudah mencapai 13 kasus.

"Artinya masih ada sisa 4 bulan lagi angka kematian ibu hamil yang masih belum tercatat," Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi (Kesgagizi) Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, Elis Lismayani, kepada Jabarnews, Kamis (17/10/2019).

Baca Juga:

WFH Gegara Corona, Daerah Ini Angka Kehamilan Melonjak

Susul Italia, Angka Kematian Akibat Covid-19 di Spanyol Lampaui China



Sementara itu ujar Elis, angka kematian bayi baru lahir periode bulan Januari-Agustus mencapai 76 kasus, sisanya masih ada 4 bulan lagi yang belum tercatat.

"Banyak faktor yang menyebabkan ibu hamil hingga meninggal dunia, seperti pendarahan yang terjadi setelah melahirkan atau kenaikan tekanan darah yang secara tiba-tiba (Preeklamsia), selain itu penyakit lainnya seperti TBC, hepatitis, jantung dan Infeksi organ dalam," ujarnya.

Elis menerangkan, kondisi ibu hamil, bersalin dan nifas itu sebetulnya ada dalam kondisi yang riskan, secara daya tahan tubuh turun, karena akibat perubahan hormonal. Seorang ibu yang membawa janin memang memerlukan suatu kebugaran, baik dalam gizi maupun kesehatan lainnya.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Ibu Hamil Angka Kematian Bayi Baru Lahir Dinkes Ciamis Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Ciamis

berita terkait

Kang Emil Sebut Beras Fortifikasi Bisa Cegah Stunting

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi