aqua

DPRD Jabar Tagih Janji Ridwan Kamil Soal DOB

Kedaruratannya adalah beban daerah Kabupaten Bogor selain luas wilayah dan jumlah penduduk yang sudah mencapai lima juta penduduk.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Achmad Ru'yat. (Foto: Humas DPRD Jabar)

JABARNEWS | BANDUNG - Mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat 2018- 2023, DPRD Jawa Barat meminta Gubernur Jawa Barat untuk segera merealisasikan usulan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) sebagai mana janji politik Ridwan Kamil.

"Pada 27 Desember 2013, pada masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, legislatif sudah mengirimkan surat kepada Ketua DPR RI mengenai Rancangan Undang-undang tentang Pembentukan Kabupaten Kota di Jabar," ujar Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Achmad Ru'yat, di Bandung, Kamis (17/10/2019).

Baca Juga:

Dorong Keterlibatan Politik Perempuan

Infrastruktur Perikanan Harus Jadi Prioritas



Selain itu, lanjut dia, DPRD Jawa Barat juga menerima masukan bahkan desakan dari Forum Amanat Presiden (Ampres) berkaitan dengan pemekaran wilayah calon daerah otonom yang meliputi Sukabumi Utara, Garut Selatan dan Bogor Barat.

"Jadi di Jabar pernah ada kajian untuk pemekaran pada masa pemerintahan Gubernur Yogie SM hingga 42 wilayah," ujar Politisi dari Fraksi PKS DPRD Jawa Barat ini.

Menurut dia, saat ini dasar hukum atas perubahan UU No 32 Tahun 2004 yakni UU No 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah melalui Biro Bidang Pemerintahan dan kerja sama Pemprov Jabar untuk memfasilitasi secara efektif berkaitan dengan hal tersebut.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : DPRD Jabar DOB Baru Moratorium RPJMD Jabar Daerah Otonomi Baru Pemprov Jabar Ridwan Kamil Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini

berita terkait

Sosialisasi Siap Jabar dan K-Mob

DPRD Jawa Barat Sahkan Perda Kewirausahaan Daerah

Anggota Bertambah Ruangan DPRD Jabar Dirombak

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi