Pemkab Cianjur Lelang 8 Jabatan Kepala Dinas

JABARNEWS | CIANJUR – Pemerintah Kabupaten Cianjur gelar lelang jabatan untuk mengisi kekosongan pejabat eselon dua atau jabatan pimpinan tinggi pratama saat ini. Sebanyak delapan kursi jabatan setingkat Kepala Dinas (Kadis) di Kabupaten Cianjur bersaing ketat di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemkab) Cianjur.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman mengatakan, mengenai soal lelang terbuka jabatan mengaku, sudah sejak dari awal. Maka itu mempersilahkan tim panitia seleksi (Pansel) untuk melakukan proses seleksi.

“Nah, dimana proses tersebut dilaksanakan secara terbuka,” katanya.

Herman menambahkan, nanti akan memilih dari hasil seleksi tiga besar dan itu tidak ada urutan. Jadi nanti kebijakan untuk yang tiga besar itu, lelang jabatan dilakukan bertujuan untuk memilih kader pejabat yang berkualitas.

“Sebelumnya yang daftar ada sekitar 24 pejabat hasil akhir seleksi terbuka (JPPT),” terangnya.

Baca Juga:  Jadi Syarat Mudik, Pemkab Bandung Barat Geber Vaksinasi Dosis Dua dan Booster

Diketahui, hasil informasi bocoran diterima ada delapan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengalami kekosongan jabatan setingkat Kepala Dinas (Kadis) berstatus, delapan OPD tersebut antara lain, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora), Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Sekertaris DPRD dan Inspektorat Daerah (Itda), Dinas Perhubungan (Dishub). Lalu, terakhir Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD).

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Cianjur, Tohari Sastra mengatakan, setelah tiga besar ini, siapa yang nantinya akan menduduki jabatan itu akan ditunjuk oleh bupati.

“Bila penunjukan itu hak prerogatif selaku pemangku kebijakan nomor satu di Cianjur, diberikan kepada pemerintah atau penguasa suatu negara,” imbuhnya, Minggu (20/10/2019).

Baca Juga:  Program TMMD Menambah Penghasilan Petani

Berdasarkan surat nomor 13/Pansel/JPTP/X/2019, sebanyak 38 orang pejabat dinyatakan lulus seleksi administrasi oleh tim Pansel.

Sebelumnya, pada tanggal 25 September 2019, panitia seleksi (Pansel) secara resmi membuka pendaftaran bagi pejabat yang akan mengikuti seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama. Tahapan selanjutnya, ke 38 pejabat mengikuti seleksi kompetensi (persentasi, wawancara dan rekam jejak,red) yang berlangsung 14- 15 Oktober 2019 di Hotel Grand Setiabudi, Bandung.

Tanggal 16 Oktober 2019 hasil seleksi terbuka diumumkan. Berdasarkan surat nomor 020/Pansel/JPTP/X/2019, 24 orang dinyatakan lulus seleksi dan masuk dalam kategori tiga besar.

Daftar 24 Pejabat Hasil Akhir Seleksi Terbuka JPPT :

1. Inspektur Daerah (Arief Purnawan, S.A.P, Dalu Teguh Wibowo, AP, SIP dan Endan Hamdani, SH,MH)

2. Sekertaris DPRD (Bambang Moh. Tavip, SH Aris Haryanto, AP, M.Si dan Firman Edi, S.STP, M.Si)

3. Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Komarudin, S.Sos.,M.Si, Nana victoria, S.Sos, M.Si dan Iwan Purnawan, SP)

4. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Yudi Pratidi, ST, MM, Iwan Setiawan, S.Pt, MM dan Ir. Endang Sumirat)

5. Kepala Dinas Perhubungan (Drs. Cecep Dicky Haryadi, Eri Rihandiar, ST, MT dan Drs. Suprayogi, M.Si)

6.Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Yudi Ferdiana Atd, MM, Yudha Azwar, SE, MH dan Adang Sumaryadi, SH, M.Si)

7. Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Heri Suparjo SKM,MH, Pratama Nugraha Emmawan dan SH, M.Si Dadi Rustandi SH,MH)

8.Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Drs Munajat M.A.P, Popon Ajizah SE, M.A.P dan Saripudin, S.STP, M.Si). (CR2)

Baca Juga:  OJK Bersama APEI Luncurkan Standar Pasar Transaksi Repo