Inilah Status Gunung Tangkuban Perahu Terbaru

Status Gunung Tangkuban Parahu diturunkan dari Level II (Waspada) menjadi Level I (Normal).

Salah satu pengunjung Gunung Tangkuban Perahu. (Foto: Datawisata.com)

JABARNEWS | BANDUNG - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyatakan status Gunung Tangkuban Parahu diturunkan dari Level II (Waspada) menjadi Level I (Normal) terhitung sejak hari ini, Senin (21/10/2019) pukul 09.00 WIB.

Kepala PVMBG, Kasbani mengatakan penurunan status tersebut merupakan hasil evaluasi yang dilakukan pihaknya dengan mengacu terhadap potensi ancaman bahaya Tangkuban Parahu.

Baca Juga:

Aktivis Lingkungan Minta Status Gunung Cikuray Garut Jadi Cagar Alam

Pasca Erupsi Tangkuban Perahu, Warga Hirup Bau Belerang



"Karena aktivitasnya baik teramati secara visual maupun instrumen itu turun dalam pola yang stabil, maka statusnya turun jadi Level I Normal," kata Kasbani di Kantor PVMBG Badan Geologi, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Senin (21/10/2019).

Selain itu menurutnya terindikasi bahwa tidak ada pergerakan magma ke permukaan kawah setelah mengacu pada pengamatan deformasi melalui pengukuran jarak miring dengan Electronic Distance Measurement (EDM) yang menunjukkan adanya pola deflasi (pengempisan) pada tubuh Gunung Tangkuban Parahu.

"Pengukuran konsentrasi gas vulkanik SO2 dan H2S menunjukkan nilai di bawah ambang batas yang membahayakan. Pengukuran rasio gas H2S atau SO2 juga menunjukkan bahwa saat ini aktivitas lebih dominan berasal dari hidrotermal pada kedalaman dangkal," kata dia.
Halaman selanjutnya 1 2 3
Tags : Gunung Tangkuban Perahu Status Gunung Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi PVMBG Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Wisata Lembang

berita terkait

Tangkuban Perahu Kembali Erupsi

Masyarakat Dilarang Dekati Kawah Ratu Tangkuban Perahu

Tangkuban Perahu Ditutup Selama Tiga Hari

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi