Sejumlah Guru di Ciamis Mulai Pensiun

JABRNEWS | CIAMIS – Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Ciamis, kususnya kalangan Guru Pendidikan akan memasuki masa pensiun atau purnabakti pada akhir tahun 2019.

Menurut Sarif Sutiarasa, Anggota DPRD Ciamis, pihaknya meminta kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis segera menyiapkan pengganti agar kekurangan guru dan kepala sekolah agar bisa diantisipasi.

Baca Juga:  Ssstt.. Katanya Sidang Kasus SPPD Fiktif DPRD Purwakarta Kali Ini Bakal Seru

“Kekurangan guru jelas menjadi masalah nantinya apabila Disdik tidak menyiapkan pengganti bagi kepala sekolah maupun guru yang tahun ini masuk masa pensiun,” ujar sarif, dilansir dari harapanrakyat.com, Senin (21/102019).

Kemudian dari data yang diketahui pihaknya, terkait antisipasi Guru di Ciamis yang pensiun di tingkat SD dan SMP kebanyakan merupakan guru bidang, seperti Guru Bahasa Indonesia dan Bahasa Sunda.

Baca Juga:  SPPD Fiktif, Wakil Ketua DPRD Dipanggil Kejari

“Seharusnya Disdik Ciamis sudah mempersiapkan sejak jauh-jauh hari, Disdik bisa melakukan penjaringan, terutama untuk posisi kepala sekolah pengganti” ungkap Sarif.

Sedangkan menurut, Plt Kepala Disdik Kabupaten Ciamis, Andang Firman, penempatan guru tidak bisa sembarangan, sehingga harus disesuaikan dengan kebutuhan di setiap sekolah. Hal itu supaya untuk guru di SD dan SMP tidak terjadi kekosongan.

Baca Juga:  Imbau Warga Tak Mudik, Ini Solusi dari Gus Menteri Buat Para Perantau

“Kami mengusulkan untuk melakukan rotasi dan mutasi ke beberapa sekolah yang memang kelebihan guru bisa pindah mengajar di sekolah yang kekurangan,” jelasnya. (Red)