Populasi Sapi di Purwakarta Meningkat Berkat Inseminasi Buatan

Sudah ada 3.300 ekor dari 4.000 ekor sapi milik masyarakat di wilayah-wilayah tersebut telah ikut program IB

Sapi hasil inseminasi di Pasar Ingon-ingon. (Foto: Dok. Humas Pemkab Purwakarta)

JABARNEWS | PURWAKARTA - Inseminasi pada saat ini menjadi kata yang begitu trend sekali dikalangan para peternak dan di dunia peternakan. Banyak para peternak yang memanfaatkan cara ini untuk menunjang keberhasilan dalam beternak terutama dalam mengembangbiakan hewan ternak. Terbukti peningkatan populasi sapi tidak lepas dari penggunaan teknologi inseminasi buatan (IB) secara masif, yaitu dengan sistem perkawinan pada ternak sapi secara buatan.

Setiap tahun populasi sapi di Purwakarta terus mengalami peningkatan, bahkan dalam setiap tahun tren peningkatannya rata-rata mencapai 10 persen. Bahkan di Jawa Barat bisa dikatakan terbaik secara jumlah populasi.

Baca Juga:

Sidak Perusahaan Tak Berizin, Bupati Cianjur Segel Peternakan Ayam

Cegah Penyakit Berbahaya, Daging Kurban Diperiksa Timkes Garut



Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menuturkan, saat ‎ini populasi hewan ternak jenis sapi meningkat tajam dalam kurun beberapa tahun terakhir. Sampai saat ini, kata dia, populasinya mencapai 12 ribu ekor.

“Dari catatan di dinas terkait, setiap tahun ada peningkatan populasi sapi sekitar 10 %,” ujar Anne di Purwakarta. Jumat (18/10/2019).

Adapun faktor pendongkrak populasi sapi ini, terang Anne, yakni dari program IB yang terus digalakan oleh pemerintah. ‎menurutnya, menjadi sebuah kebanggaan bagi Pemkab Purwakarta. Sehingga, kedepan diharapkan untuk kebutuhan sapi, daerahnya tak perlu lagi mengandalkan hewan ternak kiriman dari daerah lain.
Halaman selanjutnya 1 2 3 4
Tags : Inseminasi Buatan Populasi Sapi Peternakan Hewan Ternak Pemkab Purwakarta Anne Ratna Mustika Jabarnews Berita Jawa Barat Berita Terkini Berita Purwakarta

berita terkait

Pemkab Purwakarta Sebar 60 Timkes Hewan Jelang Idul Adha

Ridwan Kamil Larang Jual Hewan Kurban di Pinggir Jalan

Jelang Idul Adha, Dislutkanak Cianjur Periksa Hewan Kurban

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

jabarnews tv

tag populer

unduh aplikasi