Semarak Peringatan Hari Santri Nasional 2019 di Cianjur

JABARNEWS | CIANJUR – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2019 di Kabupaten Cianjur disambut penuh sukacita dan semarak memeriahkan kemenangan, diselenggarakan di beberapa titik lokasi, Selasa (22/10/2019). Seperti halnya mulai dari melaksanakan apel kesiapan dan upacara sekitar pukul 07:00 WIB di Terminal Pasir Hayam, Desa Sirnagalih, Kecamatan Cilaku, di Alun-Alun Cianjur, Jalan Siti Jenab, Kecamatan Cianjur.

Sementara tabligh akbar dan parade santri kirab 1.000 bendera merah putih. Lalu, di lapang parkir istana Kepresidenan, Cipanas, Jalan Raya Cipanas, Kecamatan Cipanas hal sama melaksanakan apel kesiapan dan upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN).

Dandim 0608/Cianjur, Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani mengatakan, sangat merespon baik dan mendukung perayaan Hari Santri Nasional (HSN) tahun ini di Cianjur. Kini lebih meriah dan semarak penuh sukacita, dari tahun sebelumnya. Intinya, sangat merespon baik, dan dirinya mengucapkan selamat.

Baca Juga:  Gugus Covid-19: Tidak Ada Nakes Meninggal Di Jabar

“Apalagi Cianjur sebagai kota santri, tentunya begitu membanggakan. Terlihat antusias para santri begitu sendang merayakannya penuh kegembiraan, banyak pula ikut serta,” katanya.

Dandim 0608/ Cianjur menambahkan, tidak hanya sebagai ajang untuk merayakan saja. Tapi juga sebagai penguatan iman masyarakat khususnya para santri, baik melaksanakan ibadah maupun bersosialisasi di lingkungan masing-masing. Secara garis besarnya jangan hanya dirayakan HSN saja. Tapi, sebagai penguat agar iman Islam masyarakat khususnya para santri ini semakin kuat.

Baca Juga:  PDIP Jabar Desak Emil Cabut Kepgub Protokol Kesehatan di Ponpes

“Tetap jalin terus silaturahmi, kebersamaan dan mari perkuat iman dan Islam kita melalui gerakan ibadah setiap hari,” papar Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani.

Sementara, Hari Santri Nasional 2019 di Cianjur diawali dengan apel pagi di Termina Pasirhayam Cianjur, kemudian dilanjutkan dengan pawai. Rute pawai HSN, dimulai dari Terminal Pasirhayam, kemudian melewati Jalan Perintis Kemerdekaan, lalu ke Warujajar, hingga ke Jalan Suroso. Terakhir, pawai berhenti di alun-alun Cianjur. Suasana pawai santri di Jalan Perintis kemerdekaan begitu meriah, meskipun terasa terik matahari begitu panas cuacanya.

“Ya, tapi tidak menghilangkan semangat para santri mengikuti pawai. Selain para santri muda, banyak pula santri cilik begitu semangat ikut serta,” ujar Letkol Inf Rendra Dwi Ardhani.

Baca Juga:  Tiga Manfaat Daun Putri Malu Bagi Kesehatan Tubuh

Terlihat pula sejumlah rombongan marching band dari sejumlah pondok pesantren, Madrasah Tsanawiyah (MT), dan Madrasah Aliyah (MA). Selain itu, banyak pula rombongan santri yang menampilkan marawis saat pawai berlangsung. Bahkan sudah banyak para pengunjung (warga pribumi) dan para santri telah mengikuti perlombaan, seperti marawis sambil menunggu kedatangan para rombongan pawai santri berjalan dari Terminal Pasirhayam.

Para santri yang ikut serta memeriahkan HSN tahun ini, berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Cianjur. Selain itu, kabarnya akan digelar ‘Tabligh Akbar’ pada malam hari di Alun-alun Cianjur. (CR2)