Ribuan Cakades Deklarasikan Damai Jelang Pilkades Serentak

JABARNEWS | BOGOR – Demi mensukseskan pesta demokrasi tingkat desa, perlu adanya persatuan dan kesatuan, serta semangat kebersamaan dalam mewujudkan Pilkades yang damai, langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil dan sukses tanpa ekses. Sebanyak 1.064 calon kepala desa menggelar deklarasi damai di Aula Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor. Selasa (22/10/2019).

Bupati Bogor, Ade Yasin yang memimpin jalannya deklarasi tersebut bersama Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) Kabupaten Bogor, jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak gelombang III pada 3 September mendatang.

Baca Juga:  Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian Korban Tenggelam di Waduk Jatiluhur Purwakarta

“Saya minta pilkades ini tidak hanya formalitas tapi pembuktian Cakades atau tim sukses untuk mengabdi kepada masyarakat,” ujarnya usai deklarasi.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu meminta para Calon Kades serta masyarakat pendukungnya bisa saling menahan diri, dan tidak terprovokasi isu apapun yang berpotensi menyebabkan terjadinya gesekan.

Baca Juga:  PPP Cianjur Siapkan Strategi Jitu Hadapi Kampanye Hitam Pilkada 2020

“Saya mengimbau jangan sampai panitia pilkades condong ke salah satu calon, harus bersikap netral, agar pelaksanaan pilkades bisa berjalan aman dan lancar,” kata Ade Yasin.

Di samping itu, ia mewanti-wanti para Calon Kades agar bersaing dengan mengikhti peraturan Perundang-Undangan yang berlaku. Sehingga, semua tahapan yang dilalui sesuai dengan koridor hukum.

Baca Juga:  Balita 3 Tahun Asal Purwakarta Positif Terinfeksi Virus Corona

Ade Yasin juga berharap seluruh elemen masyarakat bisa berpartisipasi secara aktif dalam menyukseskan Pilkades Serentak Kabupaten Bogor. Beberapa elemen yang ia sebutkan, seperti Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Kemasyarakatan Desa (LKD), Babinsa, Bhabinkamtibmas, Bindes, dan lain-lain. (Ara)