Polres Purwakarta Gelar Operasi Zebra Lodaya 2019

JABARNEWS | PURWAKARTA – Menyambut Operasi Zebra Lodaya 2019, ratusan personel gabungan menggelar apel bersama di halaman Mapolres Purwakarta, Jalan Veteran, Kelurahan Ciseureuh, Purwakarta. Nampak, personel yang terdiri dari Polri, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan itu mengikuti apel gabungan yang dipimpin langsung oleh Kapolres Purwakarta, AKBP Matrius, pada Rabu (23/10/2019).

Kapolres Purwakarta menegaskan, kepada jajarannya untuk menegakkan kedisiplinan berlalu lintas bagi semua pengendara, tentunya dengan saling bekerja sama antar lembaga dan kesatuan yang ada.

Baca Juga:  Mutasi Jabatan Strategis, Mabes TNI: Tak Berhubungan Dengan Pemilu

“Operasi ini kami tujukan untuk menegakkan aturan berlalu lintas, semua harus bekerja sama sehingga target yang kita capai untuk memberi kenyamanan kepada masyarakat bisa dirasakan,” kata Matrius, usai memimpin apel.

Matrius meminta anggotanya agar tidak arogan, tidak ada kata-kata atau tindakan ekstra dan lebih mengedepankan langkah simpatik saat melakukan operasi itu.

“Saya ingatkan di dalam penegakan hukum ini, tetap mengedepankan langkah-langkah yang simpatik. Jangan kedepankan arogansi dan kewenangan,” katanya.

Baca Juga:  Peneliti LIPI: PSBB Respons Tepat Pemerintah, Saya Setuju

Selain itu, Matrius juga mengimbau anggotanya agar lebih simpatik dan humanis kepada para pengendara. Langkah-langkah preventif, kata dia, juga harus dikedepankan anggota polisi saat melakukan penindakan di Operasi Zebra 2019.

“Tunjukkan saudara-saudara sekalian baik itu Polri-TNI maupun stakeholder terkait lainnya bahwa penegakan hukum itu bukan untuk menakut-nakuti masyarakat tapi bagian dari proses menegakkan hukum agar mau menertibkan diri masing-masing. Pesan ini yamg harus kita sampaikan. Kalau kita mengedepankan langkah-langkah penegakan hukum, lakukan secara beriringan dengan langkah-langkah preentif dan preventif dalam lakukan penegakan hukum, ketika lakukan pemeriksaan, SOP-SOP yang ada dipatuhi,” sambungnya.

Baca Juga:  Dandim 0105 Aceh Barat Tinjau Pelaksanaan Pra TMMD Ke-108 Di Desa Lango

Sementara itu, Kasat Lantas polres Purwakarta, AKP Ricky Adipratama menuturkan, nantinya seluruh personel tersebut akan ditempatkan pada beberapa titik yang dianggap sebagai lokasi strategis dan paling rawan pelanggaran berlalu lintas.

“Para personel akan disebar ke beberapa titik, dan mulai kita terapkan hari ini,” terangnya. (Gin)