BPBD: Garut Dikepung Kebakaran Hutan

JABARNEWS | GARUT – Kebakaran hutan dan lahan dan hutan (Karhutla) yang melanda seluruh gunung di Kabupaten Garut saat musim kemarau seperti ini. Beberapa uapaya telah dilakukan masyarakat untuk memadamkan api sejak Kamis pagi hingga menjelang malam kobaran api masih menyala.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, menyebutkan, kebakaran hutan melanda seluruh gunung di Garut, kebakaran hutan terjadi di Gunung Cikuray di Kecamatan Cilawu, Gunung Putri di Kecamatan Tarogong Kaler, Gunung Guntur, Gunung Karacak, Gunung Haruman, dan Gunung Nangkaruka di Kecamatan Pakenjeng. Beberapa titik areal hutannya terbakar, hingga pukul 19.00 WIB masih ada beberapa titik api yang belum bisa dipadamkan.

Baca Juga:  KPU Purwakarta Akan Mulai Mendata Orang Dengan Gangguan Jiwa

“Garut dikelilingi kebakaran hutan hari ini Kamis,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan

Ia membenarkan, beberapa titik kebakaran tersebar di kawasan gunung yang mengitari perkotaan Garut.

“Masih menyala sampai sekarang,” kata Tubagus.

Ia menyampaikan, petugas BPBD Garut dan instansi lainnya sudah terjun ke lokasi kebakaran untuk memadamkan kobaran api.

Baca Juga:  Cobalah, Ngabuburit Di Kuburan

Terkait luas lahan yang terbakar, kata dia, masih dilakukan pendataan, saat ini petugas masih berupaya untuk memadamkan kobaran api di kawasan gunung itu.

“Belum (data lahan terbakar) anak-anak (petugas) lagi memantau,” katanya.

Ia menambahkan, sebelumnya kebakaran juga melanda areal hutan Gunung Masigit di Kecamatan Cikajang, dan Hutan Sancang di Kecamatan Cibalong, Rabu (23/10/2019) malam.

Peristiwa kebakaran di daerah itu, kata dia, sudah berhasil dipadamkan oleh petugas gabungan.

Baca Juga:  Mengenal Ragam Jenis Wall Panel Untuk Dekorasi Rumah

“Kurang lebih di Masigit lahan yang terbakar 3 hektare,” katanya.

Seorang warga Kampung Lengkong Kaler, Desa/Kecamatan Samarang, Ningrum mengatakan, kobaran api di gunung cukup jelas terlihat saat malam hari.

“Dari sini kelihatan kebakaran yang terjadi di Gunung Guntur, Cikuray, sama gunung yang ada di Cilawu,” kata Ningrum.

Kebakaran hutan di Gunung Putri dan Gunung Guntur terlihat jelas oleh warga sekitar kaki gunung tersebut dan perkotaan Garut termasuk di wilayah Kecamatan Samarang. (Ara)