Stadion GBLA Tidak Masuk Venue Piala Dunia U-20, Ada Apa?

JABARNEWS | BANDUNG – Federasi sepak bola dunia FIFA telah resmi menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 tahun 2021 mendatang. Dari sederet nama stadion calon venue penyelenggaraan pertandingan yang diinventarisir PSSI, Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dipastikan tidak masuk dalam daftar.

Pemerintah Kota Bandung menyatakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) tidak terpilih menjadi stadion untuk ajang Piala Dunia U-20 2021 karena statusnya masih bermasalah.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan stadion kebanggaan warga Bandung itu masih terkendala permasalahan aset dengan kontraktor pembangunan. Akhirnya pihak PSSI serta FIFA menunjuk Stadion Si Jalak Harupat untuk pelaksanaan Piala Dunia U-20 di wilayah Bandung.

Baca Juga:  Duh.. Tunggakan BPJS Garut Tembus Rp. 50 Miliar

“Ya Insya Allah (segera diselesaikan masalah), karena ‘bola’-nya (aset) masih ada di pihak lain ya, bukan di kita,” kata Yana saat meninjau pembangunan lapangan Mini Soccer di Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, Jumat (25/10/2019).

Meski demikian, menurutnya tidak menutup kemungkinan jika GBLA dapat digunakan untung ajang bergengsi tersebut. Dirinya yang juga menjabat di Askot PSSI Bandung menyebut akan berupaya menawarkan stadion itu untuk tempat Piala Dunia U-20 jika sudah tidak bermasalah.

Baca Juga:  Ragam Jenis Ikan Sapu Hias Cantik, Bisa Bikin Aquarium Tetap Bersih

“Kita juga mungkin masih ada permasalahan (aset) ini, nantinya persyaratan (untuk jadi tempat Piala Dunia U-20) kita akan penuhi, sampai limit waktu itu ternyata kita nggak bisa, ya kita dilewat aja gitu (batal digunakan),” katanya.

Karena menurutnya stadion yang berlokasi di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung itu cukup mumpuni untuk dijadikan tempat ajang bergengsi itu. Maka menurutnya cukup disayangkan jika stadion itu urung digunakan untuk Piala Dunia U-20.

“Kita terus berupaya, karena sayang juga ya, stadion itu sudah bagus,” kata dia.

Baca Juga:  Tiga Hal Ini Bisa Turunkan Kolesterol Tinggi, Diantaranya Olahraga

Sebelumnya, pengelolaan Stadion GBLA tersebut belum sepenuhnya dimiliki oleh Pemerintah Kota Bandung karena terhambat oleh adanya wanprestasi pada tahap kedua serah terima aset dengan kontraktor. Permasalahan tersebut timbul ke publik sejak GBLA ramai dibicarakan karena kondisinya yang memprihatinkan akibat pengelolaan yang belum optimal.

“Pemkot Bandung juga menargetkan permasalahan serah terima tersebut akan selesai serta sudah ada pemenang lelang pengelolaan pada November 2019. Namun Yana menyebut rencana itu akan terlambat dari target,” tutupnya. (Ara)