Atalia: Kenalkan Produk Jabar melalui PKJB

JABARNEWS | BANDUNG – Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2019 kembali digelar di Bandung dengan konsep outdoor aktivity yang dilaksanakan mulai tanggal 25-27 Oktober 2019 di jalan Diponegoro, Jalan Cilamaya, Jalan Majapahit dan Jalan Sentot Alibasa.

Kegiatan ini diikuti 46 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan 27 kota/kabutaten se-Jawa Barat. Selain itu, kegiatan ini mengambil tajuk ‘West Java Crafashtival’.

Ketua Dekranasda Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya mengatakan dalam PKJB ini masyarakat akan menghadirkan berbagai macam produk inovasi yang kreatif dan memamerkan karya terbaiknya dari kota/kabupaten masing-masing.

Baca Juga:  Gudang Barang Bekas Hangus Dilahap si Jago Merah, Satu Orang Tewas

“Nantinya, mereka akan memamerkan karya terbaik dari kota kabupatennya termasuk ada helaran dari wilayah-wilayah kota/kabupaten se-Jawa Barat yang mereka akan menampilkan karya sambil melakukan semacam karnaval,” kata Atalia saat jumpa wartawan di Gedung Sate, Kota Bandung, Jum’at (25/10/2019).

Lebih lanjut dia mengemukakan dalam perhelatan ini juga ada fashion show, lomba-lomba, pemecahan rekor, workshop dan lain sebagainya. Menurutnya, yang terpenting dalam PKJB kali ini adalah syi’ar informasi yang akan tersampaikan kepada masyarakat sehingga jaringan relasi dapat terbuka dengan luas.

Baca Juga:  Perhatikan 5 hal Ini Dalam Memakai Lensa Kontak

“Kami berharap yang paling penting adalah syi’ar yang disampaikan dari moment-moment seperti ini sampai kepada masyarakat, termasuk juga bagaimana mereka bisa dilakukan temu bisnis disaat-saat seperti ini jadi networking terbuka luas mudah-mudahan bisa menjadi kemudahan bagi semuanya,” jelasnya.

Dengan hadirnya para pelaku usaha, lanjut Atalia, para pelaku usaha dapat berinteraksi langsung antara pembeli, penjual ataupun bayer. Terkait dengan pemasaran, Dia menilai, ada satu hal yang paling sulit bagi para pelaku usaha yakni networking. Dengan adanya nerworking para pengusaha dapat melakukan kerja sama dalam menjual produk-produknya.

Baca Juga:  Mengenal Beragam Alat Musik Tradisional Khas Jawa Barat Yang Merdu

Dengan adanya kerja sama tersebut, Atalia menjelaskan, hal ini menjadi kesempatan untuk menyasar pasar nasional dan internasional, sehingga potensi-potensi yang ada di Jawa Barat mulai dari Batik sampai Kuliner produknya dapat dikenal secara luas.

“Sehingga dengan upaya ini produk-produk kita juga bisa masuk ke wilayah internasional. Ini langkah awal untuk kuliner Indonesia supaya dikenal secara nasional maupun internasional,” pungkasnya. (Rnu)