Puluhan Komunitas dan Ormas di Purwakarta Galang Dana Peduli Maluku

JABARNEWS | PURWAKARTA – Puluhan Komunitas dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) di Kabupaten Purwakarta turun ke jalan menggalang dana untuk membantu korban gempa magnitudo 6,8 di Maluku, pada 26 September 2019 lalu.

Aksi kemanusiaan untuk membantu saudara sebangsa di Pulau Ambon itu digelar di Jalan Sudirman, yang merupakan pusat kota kabupaten Purwakarta, pada Jumat (25/10/2019).

Menurut Koordinator aksi, Aa Komara Cakradiparta, Aksi Kemanusiaan yang dinamai “PURWAKARTA untuk MALUKU” mampu menyatukan seluruh elemen masyarakat baik dari unsur Komunitas, non Komunitas, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Kemahasiswaan, Ormas, LSM dan berbagai komponen masyarakat lainnya sepakat untuk bersinergi dan berkolaborasi.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Akan Potong Alokasi Anggaran Badan Publik Yang Tidak Informatif

“Lebih dari 50 komunitas dan ormas yang ada di Purwakarta yang ikut serta. Aksi ini digelar selama dua hari, hari pertama di sepanjang jalan Sudirman dan untuk aksi besok akan diselenggarakan di wisata kuliner, pada malam minggu,” jelas pria yang akrab disapa Akom itu.

Dia menuturkan, hingga saat ini sebagian masyarakat terdampak bencana masih tinggal di pengungsian. Mereka hidup dengan kondisi seadanya. Selain kekurangan bantuan, kondisi psikologis warga juga belum sepenuhnya pulih mengingat gempa susulan masih kerap terjadi.

“Saudara sebangsa setanah air kita, di Maluku masih dalam keadaan nelangsa, mulai dari balita hingga manula tinggal dan hidup jauh dari kenyamanan atau kelayakan akibat dampak Gempa yang berkelanjutan,” ujarnya.

Baca Juga:  Jelang Hari Idul Adha, DKP3 Kota Bekasi Kerahkan 183 Petugas Hewan Qurban

Menurutnya, aksi penggalangan dana yang telah dilakukan ini merupakan bentuk rasa kepedulian akan kemanusian terhadap bencana alam yang terjadi di Maluku Ambon.

“Bentuk kepedulian kami untuk meringankan beban masyarakat di sana. Kami berharap langkah ini dapat membantu memulihkan kehidupan saudara-saudara kita yang terkena bencana,” ujarnya.

Sementara, Humas Aksi kemanusiaan ini, Sahril Sidik mengenai teknis penyaluran hasil donasi tersebut, pihak panitia bekerjasama dengan pihak ACT (Aksi Cepat Tanggap), sebuah lembaga penyaluran donasi & organisasi relawan yang kredibel serta telah teruji, baik untuk penugasan di dalam negeri maupun internasional

Baca Juga:  Mengulas Legenda Gunung Bongkok Sebagai Tempat Wisata Purwakarta

“Gempa di Maluku belum berakhir dan tentunya masyarakat pasti trauma dengan adanya getaran-getaran bencana alam tersebut,” kata pria yang juga menjabat Humas grup Facebook Informasi Purwakarta Terkini (Input).

Ia mengingatkan pentingnya kepedulian terhadap sesama dalam menghadapi bencana alam.

“Mari kita tunjukkan bahwa Indonesia memiliki semangat gotong royong yang tinggi, membantu saudara-saudara korban bencana alam ini. Nah yang mau memberikan bantuan langsung bisa datang ke sekretariat Input di Jalan kemuning, RT 36/05 Kelurahan Nagri Kaler, Purwakarta,” katanya. (Gin)