Aksi Nekat Pengendara Motor Terobos Rel Kereta Hindari Razia Polisi

JABARNEWS | SUKABUMI – Setiap pengendara baik itu mobil ataupun motor wajib melengkapi diri dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan juga Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Tak cuma itu perlengkapan keselamatan pun harus digunakan.

Namun ada saja kelakuan pengendara sepeda motor di Sukabumi ini. Demi menghindari razia polisi mereka rela bertaruh nyawa terobos rel perlintasan Kereta Api (KA) di Kampung Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Beberapa pemotor bahkan terlihat beberapa kali terpeleset saat melintas tumpukan batu kerikil yang berfungsi meredam getaran kereta yang berada di bahu kanan dan kiri rel.

Baca Juga:  Ngeri! Wakil Wali Kota Bandung: Fasilitas Kesehatan Sebentar Lagi Kolaps

Polisi memang tengah menggelar razia di daerah Persimpangan Cikidang atau Pos Elang di jalur Cibadak. Lokasi rel sendiri tidak jauh dari Pos Traffic Management Centre (TMC) Cibadak.

“Menghindar aja, karena tahu ada razia polisi. Kebetulan enggak bawa surat-surat jadi lewat sini,” kata Angga, seorang pemotor, Sabtu (26/10/2019) dilansir detikcom.

Angga mengaku apa yang dilakukannya memang membahayakan, namun ia hanya ikut-ikutan pemotor lain yang lebih dulu melintasi jalan tikus itu.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Sukabumi AKP Galih Bayu mengatakan pihaknya bekerja sama dengan pihak KAI untuk menyekat jalan tikus yang sering dipakai pemotor untuk menghindari razia.

Baca Juga:  Ratusan Mahasiswa Ikuti LKMM

“Utamanya kami khawatir aksi itu malah membahayakan pemotor itu sendiri karena trek perlintasannya terjal oleh kerikil peredam guncangan,” katanya.

Galih mengimbau, pengendara agar tidak panik ketika melihat Polantas melakukan tugasnya dan memeriksa surat-surat kelengkapan berkendara. Selama lengkap, maka petugas akan bertindak profesional dan mempersilakan pengendara untuk melanjutkan perjalanan.

“Kita menggelar operasi Zebra Lodaya 2019 mulai tanggal 23 sampai 26 Oktober. Sampai hari ini kita menindak sebanyak 1.666 orang pelanggar dari jumlah itu 510 diantaranya hanya kita berikan teguran, sementara sisanya kita tilang,” ucap Galih.

Baca Juga:  Diskominfo Jabar: Command Center Bisa Deteksi Kendaraan Nunggak Pajak

Aksi ini mendapat perhatian serius dari Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska). Patok-patok besi dipasang di pintu masuk menuju area yang memang kanan kirinya dibatasi tebing perkebunan warga tersebut. PT KAI menurunkan Tim Jalan jembatan (JJ) Rel Daop 1 Jakarta Lintas Sukabumi memasang patok di jalur Perlintasan KA yang sering dilintasi pemotor saat razia digelar. (Red)