Polres Purwakarta Komitmen Ciptakan Lingkungan Sekolah Bebas Narkoba

JABARNEWS | PURWAKARTA – Polres Purwakarta melalui jajarannya di Satuan Reserse ( Sat Res) Narkoba terus berkomitmen menciptakan lingkungan yang bebas narkoba, salah satunya di lingkungan sekolah.

Guna menciptakan lingkungan sekolah yang bebas dari narkoba, Sat Res Narkoba Polres Purwakarta secara konsisten melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan Pencegahan dan Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

Kali ini kegiatan sosialisasi P4GN dilaksanakan bagi para pelajar yang sedang menempuh pendidikan di SMKN 1 Bojong, Senin (28/10/2019).

“Masalah penyalahgunaan bahaya narkoba dewasa ini sudah sangat memprihatinkan. Hal itu bisa dilhat dari mulai pecandu, pengguna bahkan korban penyalahgunaan narkoba telah masuk ke semua lapisan masyarakat khususnya di lingkungan pelajar,” kata Kapolres Purwakarta AKBP Matrius melalui Kasat Res Narkoba AKP Heri Nurcahyo saat ditemui awak media, Senin (28/10/2019).

Baca Juga:  Barang Bukti Narkoba Jaringan Lintas Negara Dimusnahkan Polrestro Bekasi

Usia remaja, ujar Kasat tergolong dalam usia rentan terhadap penyalahgunaan narkoba, karena di usia ini sedang tumbuh kembang dan proses pencarian jati diri.

Usia remaja sangat labil dan mudah sekali dipengaruhi oleh pengaruh yang tidak baik yang datangnya dari masyarakat atau dari lingkungan sekitar sekolah.

Baca Juga:  Terminal Harjamukti Cirebon Masih Sepi

“Untuk itu para pelajar ini perlu diberikan pemahaman dan pengetahuan tentang bahaya narkoba serta pencegahannya lebih dini,” ujar Kasat.

Dalam upaya P4GN ini agar berjalan dengan optimal, pihaknya juga mengajak kepada pihak terkait di lingkungan pendidikan dari mulai dinas pendidikan, kepala sekolah, guru pengajar dan peserta siswa didiknya untuk selalu waspada terhadap ancaman bahaya narkoba baik yang belum menjadi korban ataupun yang sudah menjadi korban.

Baca Juga:  Kuliner Khas Purwakarta yang Sampai ke Benua Amerika

“Mereka yang telah menjadi korban terhadap penyalahgunaan narkoba bukanlah merupakan aib tetapi mereka harus kita bantu untuk dipulihkan lewat upaya rehabilitasi. Dan hal ini dapat dicapai tentunya dengan kerjasama antar stakeholder terkait,” jelas Kasat.

Sebagai penutup Kasat Berharap, kepada seluruh pelajar SMKN 1 Bojong yang mengikuti sosialisasi ini dapat menyampaikan atau menginformasikan kembali bahaya penyalahgunaan narkoba kepada keluarga terdekat di rumah, teman di lingkungan rumah tinggalnya masing-masing. (Zal)