Persib Bandung Bungkam Persija Jakarta di Laga El Clasico

JABARNEWS | BANDUNG – Persib Bandung berhasil mengalahkan Persija Jakarta dengan skor 2-0 pada laga pekan ke-25 Liga 1 2019 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Senin (28/10/2019).

Maung Bandung menang dua gol tanpa balas atas Macan Kemayoran dalam laga el clasico Indonesia ini. Dua gol kemenangan Persib dibukukan Frets Butuan pada menit ke-52, dan Ezechiel N’Douassel pada menit ke-59.

Kedua kesebelasan sebenarnya tampil berhati-hati dalam membangun serangan pada awal pertandingan. Akibatnya laga pun berlangsung dalam tempo lambat. Tidak banyak peluang yang didapatkan kedua kesebelasan, karena Persib dan Persija tampil disiplin di lini belakang.

Ketika kehilangan bola, para pemain kedua kesebelasan langsung turun mengawal area pertahanan. Persib maupun Persija kesulitan mengalirkan bola ke jantung pertahanan lawannya masing-masing. Hal tersebut membuat kedua tim kesulutan menciptakan peluang melalui situasi open play.

Baca Juga:  Maman: Big Match Persib Vs Persija Harus Jadi Tontonan Menarik

Akibatnya, Persib dan Persija lebih banyak memanfaatkan set piece bola mati. Persib, hampir membobol gawang Persija pada menit ke-21.

Berawal dari tendangam bebas Kevin van Kippersluis, yang diarahkan ke kotak penalti. Bola disambut Febri Hariyadi yang kemudian diarahkan kepada Achmad Jufriyanto. Sayangnya, sundulan bek yang karib disapa Jupe itu bisa ditangkap kiper.

Tidak hanya Persib, Persija juga beberapa kali mengancam pertahanan Persib melalui set piece. Beruntung, belum ada peluang Persija yang mengarah langsung ke gawang Persib.

Hasilnya, skor imbang 0-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Usai turun minum, Persib meningkatkan intensitas serangannya. Mereka lebih banyak menekan Persija dari sektor sayap. Hasilnya, pada menit ke-52, Maung Bandung sukses memecah kebuntuan melalui Frets Butuan.

Baca Juga:  Sejumlah Pemain Persib Belum Ikuti Sesi Latihan; Ricky Kambuaya Alami Hernia, Marc Klok Keracunan Makanan

Mantan pemain PSMS Medan itu melakukan akselerasi dari belakang. Setelah masuk kotak penalti, Frets langsung melepaskan tembakan keras yang tak mampu ditahan kiper Persija.

Gol tersebut, membuat Persija tersentak. Macan Kemayoran juga meningkatkan agresivitas serangannya. Satu peluang berhasil didapatkan Persija melalui tendangan bebas Marko Simic pada menit ke-54. Beruntung, sepakan keras Simic berhasil ditepis I Made Wirawan.

Meski begitu, Persib juga tidak mau kalah. Maung Bandung tak mengendurkan serangannya. Hasilnya, pada menit ke-59 Persib berhasil menggandakan keunggulan melalui Ezechiel N’Douassel. Ezechiel mencetak gol usai menerima umpan silang Ardi Idrus.

Baca Juga:  Jaga Asa Juara, Dado Bersama Persib Targetkan Poin Penuh Lawan PSM

Menjelang berakhirnya laga, Persib berkesempatan untuk menambah keunggulan. Pada menit ke-81, Persib mendapatkan penalti setelah Ezechiel dilanggar Xandao. Sayang, eksekusi penalti yang diambil Ezechiel melambung jauh di atas mistar gawang Persija.

Keunggulan 2-0 Persib bertahan hingga akhir pertandingan. Dengan hasil ini, Persib membukukan kemenangan back to back atas Persija dalam dua musim terakhir pada laga kandang.

Dengan hasil ini, Persib Bandung naik satu peringkat di posisi 10 klasmen dengan mengumpulkan 31 poin. Sementara kubu Persija Jakarta tertahan di posisi 14 klasmen sementara dengan 24 poin.

Selanjutnya Persib Bandung akan bertandang melawan Kalteng Putra pada 1 November mendatang di Tuah Pahoe Palangkaraya. (Red)