Mendes Sebut Pendamping Desa sebagai Pahlawan Stunting

JABARNEWS | JAKARTA – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT ) Abdul Halim Iskandar, mengucapkan rasa syukurnya bertemu dengan para pahlawan desa.

Dimana program-program berhasil piramidanya tidak akan terlalu tajam. Artinya, semakin sedikit warga Indonesia yang miskin, sengsara, terkena stunting dan seterusnya, karena program dan kerja keras para TA dan pendamping desa.

“Saya bersyukur, hari ini bertemu dengan para pahlawan desa. Ketika kita berbuat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk kejayaan NKRI, maka kita juga bisa disebut pahlawan,” kata Mendes Abdul Halim saat membuka Workshop Evaluasi Nasional Inovasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) pada Program Inovasi Desa Tahun Anggaran 2019 bagi Tenaga Ahli P3MD Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota, Selasa (12/11/2019), di Hotel Ciputra Grogol, Jakarta.

Pembangunan sumber daya manusia, sebut Mendes, telah menjadi prioritas pemerintah, termasuk di dalamnya kesehatan dan pendidikan. Oleh karena itu, pembangunan infrastruktur mesti mengarah pada peningkatan sumber daya manusia.

Baca Juga:  Pucuk Pimpinan Baru, DPW PKS Jabar Siap Tarik Massa

Misalnya penyebab stunting akibat sanitasi yang buruk, sehingga diperlukan infrastruktur air bersih untuk mengatasi stunting, penanganan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan.

“Angka stunting sudah menurun, dari sebelumnya 37 persen kini 30 persen. Ini tak lepas dari kerja-kerja tenaga pendamping desa. Pendamping merupakan salah satu elemen penting dalam penurunan angka stunting,”katanya.

Diingatkan Mendes, dalam melakukan tugas-tugas, melaksanakan amanat pengembangan SDM, harus dilakukan dengan ikhlas. Sehingga upaya mengurangi kemiskinan, upaya meningkatkan sumber daya manusia bagi generasi Indonesia kedepan, tidak kalah dengan negara-negara yang maju.

“Dan itulah investasi berharga yang kita buat hari ini untuk masa depan bangsa dan negara,” ujar Mendes Abdul Halim memberi semangat kepada peserta worskhop yang hadir.

Sementara itu, Dirjen PPMD Taufik Madjid memberikan laporan pelaksanaan workshop evaluasi di hadapan Menteri Desa dan undangan lainnya. Kegiatan ini kata Taufik, berkorelasi dengan arahan Presiden Joko Widodo terkait dengan prioritas pengembangan SDM.

Baca Juga:  Pendaftaran PPPK Guru 2023 Diperpanjang, Berikut Informasi Terbaru dari BKN

Ditjen PPMD Kementerian Desa senantiasa mempersiapkan diri, bekerja menyukseskan pengembangan SDM sebagai salah satu prioritas kerja pemerintahan Jokowi di periode kedua.

Hingga November 2019, sebanyak 71.884 orang yang telah mengikuti pelatihan Kader Pembangunan Manusia (KPM). Dan total jumlah KPM yang telah mengikuti pelatihan konvergensi pencegahan stunting di desa kurang lebih 65.053 orang atau 90, 05 persen dari jumlah KPM yang sudah dibentuk.

“KPM bertugas untuk menggerakkan kegiatan rembuk stunting, yakni melalui musyawarah desa dengan pemerintah desa dan BPD. KPM juga bertugas menggerakan Rumah Desa Sehat (RDS) sebagai ruang bagi warga untuk bergotong royong mendorong kegiatan promotif dan preventif untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa,” papar Taufik.

Sebagai penutup Taufik menambahkan, Ditjen PPMD juga bekerjasama dengan Bank Dunia dalam mengembangkan aplikasi e-HDW untuk memfasilitasi pencegahan stunting.

Acara ini dihadiri juga oleh Staff Khusus Presiden RI Prof. Erani Yustika, Asisten Deputi Perlindungan Sosial dan Penanggulangan Bencana Abdul Muis, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan dan Informasi Eko Sri Haryanto, Sekretaris Jenderal Kemendes PDTT Anwar Sanusi, Dirjen PPMD Taufik Madjid, Sekretaris Ditjen PPMD Rosyidah Rachmawati serta jajaran Direktur di Ditjen PPDM Kemendesa.

Baca Juga:  Cuaca Ekstrim Jelang Malam Tahun Baru, BMKG Sebut Tol Cipali Rawan Bencana

Workshop evaluasi ini dikuti oleh 800 lebih peserta, yang terdiri dari Kementerian dan Lembaga terkait, ASN lingkungan Ditjen PPMD, Kementerian Desa PDTT, Tenaga Ahli PSD Provinsi dan Kabupaten, TA MIS PID, dan TA PMD dan jajaran Konsultan Nasional Pusat.

Tujuan kegiatan ini untuk mengetahui dan mereview capaian program inovasi desa bidang pengembangan SDM Tahun Anggaran 2019, membangun kesepahaman untuk melakukan beberap strategi terkait monitoring dan program evaluasi desa, khususnya untuk perkembangan SDM di desa. Dan kesempatan ini juga menjadi ajang sosialisasi eHDW dan aplikasi online monitoring sistem perbendaharaan dan anggaran negara scorecards konvergensi desa. (Red)