Wajib Tahu! Cara Atasi Masalah Jantung Supaya Sehat

Masalah jantung ditandai dengan nyeri dada yang tertindih, tercekik, diremas, sifatnya tumpul, atau tidak dapat ditunjuk satu jari.

Ilustrasi Sakit Jantung, (foto: elshinta.com)

JABARNEWS | BANDUNG - Jantung merupakan organ terpenting dalam tubuh manusia, berfungsi memompa dan menyebarkan darah serta bertugas membawa nutrisi dan oksigen yang di butuhkan oleh organ-organ tubuh dengan mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Sistem dan fungsi kerja jantung sehat yang dilansir Jabarnews.com dari alodokter.com, sebanyak 14.000 liter darah per hari, jantung yang normal mampu mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga:

Ikuti Komandannya, Ratusan Prajurit Kodim 0608 Cianjur Disuntik Vaksin Covid-19

Polres Cirebon Bekuk Tiga Pelaku Curat, Begini Modusnya



Kendati demikan, jantung pun bisa memiliki masalah yang bisa dialami oleh siapun, seperti orang yang mengalami serangan jantung. Biasanya ditandai dengan nyeri dada yang tertindih, tercekik, diremas, sifatnya tumpul, atau tidak dapat ditunjuk satu jari.

Kemudian lokasi paling khas terjadinya sakit berada di belakang tulang dada kiri disertai penjalaran ke lengan kiri, rahang, hingga tembus ke punggung dengan durasi lebih dari 20 menit.

Kondisi itu patut diwaspadai jika tidak menghilang kendati sudah istirahat atau diberi obat seperti nitrat/aspirin. Bisa juga disertai keluarnya keringat dingin, mual, muntah, berdebar-debar, tak sadarkan diri, atau henti jantung mendadak.
Halaman selanjutnya 1 2
Tags : Gejala Jantung Serangan Jantung Hidup Sehat Jantung Sehat Organ Tubuh Penting Jabarnews Berita Jawa Barat berita Terkini

Live Stream Bandung 132 TV

berita terkait

Eksplore Pesona Ciamis Lewat Beberapa Destinasi Wisata Yang Menarik

Persib

Berita Populer

Berita Terkini

Mang Jabar

JMN Channel

tag populer

unduh aplikasi